Pariwara
Politik

6.697 Pemilih di Kendari yang Terindikasi Ganda Tidak Valid

Ilutrasi Daftar Pemilih

KENDARIPOS.CO.ID — Rekomendasi KPU RI terkait pencermatan ulang daftar pemilih tetap (DPT) Kota Kendari telah ditindaklanjuti. Dari hasil verifikasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kendari memastikan data yang diduga ganda ternyata tidak valid. Pasalnya, basis data yang digunakan masih berupa daftar pemilih sementara (DPS) dan daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP). Padahal datanya telah dimutakhirkan dalam DPT.

“Data awal, kami menerima sebanyak 6.697 pemilih yang diduga ganda. Namun setelah kami lakukan analisis dan pencermatan, datanya tidak valid lantaran masih menggunakan DPS dan DPSHP,” kata Jumwal Shaleh, Ketua KPU Kota Kendari saat ditemui Kamis (13/9).

Dalam surat edaran KPU RI nomor 1033/PL.01.2-SD/01/KPU/IX/2018, pihaknya diminta melakukan pencermatan ulang. Hal ini menindaklanjuti temuan Parpol adanya dugaan 25 juta pemilih ganda dalam DPT Pemilu. Atas dasar itu, KPU langsung menggelar koordinasi dengan Bawaslu dan Parpol dengan melibatkan panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS).

“Kami telah melakukan verifikasi administrasi baik penyandingan (data yang diduga ganda) dengan data penduduk potensial pemilih Pemilu (DP4) maupun sistem informasi administrasi kependudukan (SIAK) Kota Kendari. Setelah itu, dilanjutkan dengan verifikasi faktual,” ujarnya.

Setelah melakukan verifikasi tanggal 11 September lalu, penyelenggara di tingkat kecamatan dan kelurahan tidak menemukan data ganda. “Malam itu juga kami melakukan rakor bersama PPK dan PPS. Setelah kami cermati, sumber datanya memang yang tidak valid,” tandasnya. (wan)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3743

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3743