Pariwara
Konawe Selatan

Pemkab Konsel Kembangkan 100 Ekor Bibit Sapi

KAMALUDDIN/KENDARI POS
AGROWISATA : Launching kawasan agrowisata pada lokasi ranch Anduna oleh Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga, kemarin. Sejumlah infrastruktur pendukung sedang dilengkapi.

KENDARIPOS.CO.ID — Pasca ditetapkan sebagai sentra bibit sapi oleh Kementerian Pertanian (Kementan) beberapa waktu lalu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) langsung bergerak. pembangunan ranch atau area pengembalaan sapi di Desa Anduna, Kecamatan Laeya terus dimaksimalkan. Keseriusan Pemkab Konsel dalam mendorong percepatan pengembangan bibit sapi itu terlihat pada kegiatan peletakan batu pertama pembangunan kantor UPTD di Anduna, Rabu (12/9).

Dalam kesempatan itu juga sekaligus dilakukan peluncuran kawasan padang pengembalaan ternak Agrowisata Anduna Breeding Centre Konsel. Bupati, H. Surunuddin Dangga, mengungkapkan, lahan ranch yang luasnya mencapai 125 hektare itu dibangun sebagai pusat pengembalaan dan pengembangan bibit sapi bersertifikat nasional.

“Padang ranch ini merupakan pekerjaan nekat sebenarnya. Karena ini adalah upaya kita bersama untuk bagaimana menyiapkan bibit sapi bersertifikat nasional,” ungkapnya. Apalagi, Pemerintah Pusat telah menunjuk dua daerah di wilayah Sulawesi sebagai sentra pengembalaan bibit sapi nasional. “Hanya dua daerah, yakni Sulawesi Tengah dan Kabupaten Konsel di Sulawesi Tenggara. Makanya kita terus mendorong pencanangan ini, sehingga pemerintah pusat yakin. Setelah kita ditetapkan menjadi pusat pengembangan bibit sapi nasional, saya mulai berpikir dan berbuat,” jelas Konsel-1 tersebut.

Surunuddin berharap semua elemen bisa bersinergi. Apalagi dari APBN sudah ada bantuan pembangunan pagar. “Kemudian untuk bibit sapi sudah akan tiba pada Oktober nanti. Saya inginkan ke depan lahir bibit sapi Konsel, jadi bukan lagi bibit sapi Bali,” optimisnya. Mantan Ketua DPRD Konsel ini memaparkan, ternak sapi ini adalah upaya menurunkan angka kemiskinan masyarakat. Apalagi sapi gampang perawatannya.

“Terlebih sekarang sudah ada bantuan asuransi dari Jasindo. Jadi Perbankan tidak takut membiayai, pengembangan ternak ini tidak tanggung-tanggung. Nanti kita coba cadangkan dengan rumah potong hewan (RPH). Jadi saya minta perencanaan ini disempurnakan. Tugas Pemkab harus siap semua dalam rangka mendukung ranch ini,” pinta Surunuddin.

Terkait padang agrowisata, pihaknya sudah mulai canangkan. Karena lokasinya tepat, dan sangat strategi. “Ada 500 hektare disiapkan untuk pusat agrowisata. Sebab semua pembangunan harus mengarah pada wisata, makanya dari awal kita sudah rencanakan secara baik. Apalagi sekarang lagi pengembangan perwilayahan. Khusus di Wolasi buah-buahan sangat bagus, sehingga kita akan sinergikan dengan peternakan sapi. Harapan saya di ranch ini bukan hanya pengembangan sapi, namun juga untuk semua sektor,” wacananya.

Bupati Konsel menargetkan, tahun 2021 ranch itu sudah memperlihatkan produksi dengan maksimal. Kesiapan sudah sementara dirampungkan. Sarana lain seperti kantor UPTD dan pakan ternak sudah siap. “Kemudian tahun ini Rp 5 miliar kita alokasikan dalam rangka percepatan pengembangan padang tersebut,” tandasnya. (b/kam)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778