Pariwara
Buton

Bajo Bersinar Tingkatkan Pengetahuan di Buton

WA ODE AMALA/KENDARI POS
BUTA AKSARA : Asisten III Setkab Buton, La Ode Muhidin M, saat sosialisasi program Bajo Bersinar untuk meningkatkan pengetahuan warga.

KENDARIPOS.CO.ID — Pengentasan buta aksara pada warga, khususnya bagi etnis Bajo di Buton sedang dilakukan pemerintah kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Pendidikan. Salah satu upaya yang ditempuh dengan meluncurkan program “Bajo Bersinar”, Rabu (12/9).

Kabid PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan Buton, Nanang Lakaungge, mengatakan, sosialisasi program Bajo Bersinar bagi masyarakat, bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Sebab, sesuai data instansinya, jumlah buta aksara masyarakat Bajo di wilayah Buton mencapai 60 persen. “Terutama tingkat putus sekolah makin tinggi baik SD, SMP dan SMA. Jadi saat ini kita fokus pada daerah Bajo. Kita akan jadikan kampung literasi. Di setiap sudut ada rumah baca,” ujarnya saat ditemui di Gedung Wakaka, rabu (12/9).

Nanang mengungkapkan, untuk mendekatkan pelayanan pendidikan dan meningkatkan keterampilan masyarakat Bajo, pihaknya juga telah membentuk Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) pada masing-masing desa. “Sebelumnya kita sudah bentuk dua PKMB di Kecamatan Pasarwajo,” sambungnya. Pemkab Buton melalui Dinas Pendidikan bahkan mengalokasikan anggaran untuk penyiapan sekolah-sekolah dengan standar sarana dan kualitas memadai bagi masyarakat Bajo.

“Berbagai pendekatan pelayanan khususnya bidang pendidikan kita lakukan. Kita buatkan PAUD, SD, SMP dan rumah baca. Tujuannya kita menyasar anak-anak Bajo yang putus sekolah. Alhamdulillah, respon anak-anak cukup tinggi. Sedangkan di bidang keterampilan kita latih para ibu-ibu dalam mengolah makanan (tataboga), ” jelas Nanang.

Untuk diketahui kegiatan sosialisasi itu sendiri berlangsung hingga Sabtu (15/9) mendatang dan diikuti 150 peserta dari tiga desa yakni, Bajo Balimu di Kecamatan Lasalimu Selatan, Bajo Bahari di Kecamatan Siotapina dan Bajo Tolando, Kecamatan Wabula. (b/mel)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778