Pariwara
Metro Kendari

OPD Pemkot Kendari Komitmen Cegah Korupsi dan Gratifikasi

PAKTA INTEGRITAS : Plt.Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir menandatangani pakta integritas bersama pimpinan OPD Pemkot Kendari dalam upaya mencegah korupsi. Hal itu sebagai upaya mempertahankan opini WTP dari BPK RI. Foto: HUMAS PEMKOT KENDARI FOR KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — Korupsi dan gratifikasi merupakan “hama” dalam penyelenggaraan roda pemerintahan. Mencegah “hama” itu, sama halnya menjaga tatanan dan atmosfir pelayanan pada masyarakat. Untuk itu, Inspektorat Kota Kendari sebagai lembaga pengawasan internal pemerintah melakukan penyatuan persepsi semua unsur pemerintah. Tujuannya untuk memastikan daerah ini bebas dari praktik korupsi dan gratifikasi.

Seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Kendari menandatangani pakta integritas pencegahan korupsi dan gratifikasi di hadapan Plt. Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir dan Pj.Sekretaris Kota Kendari, Indra Muhammad.

Sulkarnain mengatakan apa yang diinisiasi oleh Inspektorat patut diapresiasi. Sebab sosialisasi pencegahan korupsi dalam rangka penyatuan persepsi dan tekad bersama untuk menjalankan pemerintahan yang bersih itu akan menambah pemahaman semua pihak atau penyelenggara pemerintahan. “Ini perlu kita dukung, kita ejawantahkan dalam kinerja, kita kristalkan dalam jiwa kita untuk benar-benar bersih korupsi itu,” ujarnya di aula Kantor Inspektorat Kota Kendari.

Progres penyelenggaraan pemerintahan dan penilaian kinerja akan disampaikan ke berbagai pihak seperti BPK dan KPK. “Mulai tahun ini kita ada pendampingan dari KPK. Semoga bisa melahirkan pola yang bersih dan bisa terus ditingkatkan ke depan,” ungkapnya.

Komitmen pemerintahan yang bersih lanjut Ketua DPD PKS Kendari ini harus dilakukan secara masif hingga seluruh aparatur bisa mewujudkannya. Selanjutnya sosialisasi itu bisa berdampak pada peningkatan hasil penilaian BPK menuju opini Wajar Tanpa Pengecualian berikutnya. “Harapan kita tentu mempertahankan WTP. Kalau target BPK kita harus dapat 86. Maka kita harus pasang target 90,” terangnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Inspektorat Kota Kendari, Nahwa Umar mengungkapkan kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka menyelenggarakan pengawasan sebagai tugas pokok Inspektorat. “Kita akan lebih menekankan lagi kepada kepala OPD bahwa kita harus betul-betul bekerja keras, penuh integritas, taat pada rambu-rambu yang berlaku,” katanya.

Secara keseluruhan soal penilaian kinerja dalam hal ini akuntabilitas kinerja masih perlu pembenahan serius. “Kita masih berada diangka C. Administrasinya perlu diimbangi sehingga kita tidak lagi berada di grade tersebut. Olehnya itu, perlu ada evaluasi apa yang menjadi permasalahan sehingga kita lakukan perbaikan, makanya itu kita mulai dari komitmen ini,” paparnya. (ely/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778