Pariwara
Politik

KPU Sultra Masih Menunggu Hasil Analisa Bawaslu

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra merespon positif langkah Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menganalisa ulang daftar pemilih tetap (DPT). Sebagai mitra, Bawaslu dianggap telah menunjukan kepeduliannya mendukung kerja-kerja penyelenggara dalam memvalidkan data pemilih. Tak heran, KPU justru merasa terbantu bukan malah terpojok karena kinerjanya yang selalu diawasi.

“Saya kira, apa yang dilakukan Bawaslu Sultra perlu diapresiasi. Sebab upaya tersebut semata-mata untuk membersihkan DPT Sultra dari pemilih ganda,” kata La Ode Abdul Natsir Muthalib, Ketua KPU Sultra saat dikonfirmasi Selasa (11/9).

Saat ini kata dosen nonaktif Universitas Halu Oleo (UHO), pihaknya masih menunggu hasil analisa Bawaslu. Sesuai jadwal, pelaksanaannya baru akan berakhir tanggal 16 September. Selama 10 hari, Bawaslu akan mencermati DPT Sultra satu persatu. Bila ada yang pemilih ganda, pihaknya akan melakukan pencoretan.

“Bawaslu akan menganalisa DPT by name, by address dan faktor apa yang membuat pemilih ganda. Hasilnya akan diserahkan ke KPU untuk ditindaklanjuti,” kata mantan komisioner KPU Kota Kendari ini.

Untuk mendukung hal itu, KPU tidak hanya berdiam diri. Pihaknya telah menginstruksikan penyelenggara di kabupaten/kota mencermati ulang DPT-nya masing-masing. Sebagaimana Bawaslu, pihaknya akan menelusuri ulang indikasi kegandaan mulai di tingkat panitia pemungutan suara (PPS) dan panitia pemilihan kecamatan (PPK). “Selain Bawaslu, kami di daerah juga melakukan pencermatan,” ujarnya.

Kendati masih ada kemungkinan ditemukan pemilih ganda, namun proses pemutakhiran DPT Pemilu Sultra telah maksimal. Tahapannya dilakukan secara berjenjang mulai tingkat PPS, PPK, KPU kabupaten/kota hingga provinsi. Setiap tahapan, penyelenggara selalu mengkaji ulang data pemilih yang akan ditetapkan. “Kalau berdasarkan pleno kemarin, DPT Sultra relatif tidak ada masalah. Tapi bisa saja masih ada temuan. Jadi kita tunggu saja prosesnya,” jelasnya.

Dengan keterlibatan semua pihak dalam mencermati data pemilih, ia berharap DPT Sultra nantinya benar-benar valid. Selain upaya pembersihan pemilih ganda, KPU juga fokus mendata pemilih tambahan baik yang terdaftar dalam DPTb maupun DKP. (c/wan)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778