Pariwara
Konawe Utara

Harga Cengkih Turun, Petani Konut Tunda Penjualan

HELMIN TOSUKI/KENDARI POS
HARGA TURUN : Komoditas cengkih kering milik pedagang pengumpul di Desa Andomowu, Kecamatan Lasolo. Harga rempah tersebut turun dibanding tahun lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Harga komoditas cengkih di Konawe Utara (Konut) mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. Jika 2017 lalu harga rempah andalan itu mencapai angka Rp 95 ribu hingga Rp 100 ribu per kilogram, namun pada tahun ini, nilai jualnya Rp 82 ribu, pada satuan berat yang sama. Kondisi tersebut diungkapkan salah seorang pedagang pengumpul cengkih asal Andumowu, Kecamatan Lasolo, Rosmini. “Tidak tahu juga apa penyebab turunnya nilai jual cengkih. Karena tahun lalu itu sampai Rp 95 ribu perkilonya. Sekarang tinggal Rp 80 ribu sampai Rp 82 ribu,” ulangnya.

Hal senada juga diungkapkan Gumula, petani cengkih asal Desa Matapila, Kecamatan Lasolo. “Harga tengah lesu, di bawah Rp 80 ribu per kilogram untuk cengkih kering. Padahal harga tertinggi cengkih kering pernah mencapai Rp 100 ribu. Kondisi ini jelas merugikan kami dari kalangan petani,” keluhnya.

Harga yang dianggap kurang baik itu membuat petani menunda untuk menjual langsung cengkih keringnya. Kebanyakan memilih menimbun agar dapat dijual ketika harga kembali tinggi. “Kalau sekarang rata-rata harganya kisaran Rp 80 ribu, paling tinggi Rp 85 ribu tiap kilo, tergantung kualitas. Itu untuk cengkih kering, kalau basah lebih murah lagi,” kata Gumula.

Menurutnya, jika musim cengkih tiba, perekonomian masyarakat desa dapat terbantu dengan pendapatan tambahan dari penjualan komoditas perkebunan trsebut. Bahkan, warga tak memiliki kebun saja bisa meraup untung dari hasil memungut cengkih yang berjatuhan. “Kalau harga merosot, para petani dipastikan mengalami penurunan pendapatan. Saat ini kemampuan tengkulak hanya berani membeli dengan harga Rp 80 ribuan,” ujar warga Lasolo itu diamini koleganya, Irwan Lotunani.

Untuk diketahui, di wilayah Konut ada beberapa kecamatan yang membudidayakan tanaman cengkih. Mulai dari Lasolo, Wawolesea, Molawe dan Lembo. (b/min)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778