Pariwara
Metro Kendari

Lanal Kendari Gelar Upacara Peringati HUT ke – 73, Kasal Tekankan 5 Poin Penting

Pemeriksaan pasukan saat upacara memperingati HUT TNI AL ke 73 di Mako Lanal.

KENDARIPOS.CO.ID — Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kendari melaksanakan upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) TNI Angkatan Laut ke 73 di Mako Lanal Kendari, Senin (10/09/2018). Dalam upacara tersebut Komandan Pangkalan Utama TNI AL VI, Laksamana Pertama TNI Dwi Sulaksono, S.H, M.Tr (Han) bertindak selaku Irup. Sedangkan Pasintel Lanal Kendari, Mayor Laut (S) Purnomo Adi Seputro, menjadi Komandan Upacara.

Dalam amanat Kasal, Laksamana Siwi Sukma Adji, yang dibacakan irup Dwi Sulaksono mengatakan, pelaksanaan upacara ini memiliki arti yang sangat penting bagi TNI AL. Sebab berdasarkan fakta sejarah 10 september 1945 merupakan tonggak berdirinya TNI AL. Nah dalam kurun waktu 73 tahun telah banyak pengorbanan jiwa dan raga dari para pejuang pendahulu dalam memperjuangkan dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) melalui laut. Oleh karena itu sebagai generasi penerus sudah sepantasnya semua meneladani semangat patriotisme, keikhlasan dan pengorbanan para pejuang pendiri Angkatan Laut.

“Wujud pengabdian tersebut dapat diimplementasikan melalui dedikasi, loyalitas dan kerja keras serta mencurahkan segenap kemampuan yang kita miliki demi kejayaan Angkatan Laut,” ujarnya.

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, kata Dwi Sulaksono, Indonesia memiliki potensi ekonomi yang sangat besar, sumber daya laut melimpah. Hanya saja belum dapat dimanfaatkan secara maksimal sebagai sumber kemajuan, kemakmuran dan kesejahteraan rakyat Indonesia. Makanya sebagai bentuk kepedulian TNI Angkatan Laut terhadap permasalahan bangsa tersebut, tepat kiranya pada peringatan hari jadi kali ini tema yang diambil yaitu “Bersama Rakyat TNI Angkatan Laut Siap Membangun Bangsa Guna Mewujudkan Kesejahteraan Melalui Laut”.

Menurut Dwi, makna dari tema tersebut, TNI Angkatan Laut bersama segenap komponen bangsa akan berusaha sekuat tenaga, mengembalikan jati diri bangsa sebagai bangsa maritim yang berjaya di laut. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka TNI Angkatan Laut harus terus berupaya meningkatkan kekuatan dan kemampuannya dengan melaksanakan pembangunan dan pembinaan secara terus menerus, sehingga mampu memberikan jaminan stabilitas keamanan maritim baik di wilayah perairan yurisdiksi nasional indonesia maupun di kawasan, yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan bangsa.

1 of 2

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778