Pariwara
Politik

Permintaan Diabaikan, KPUD Buton Surati Parpol

Burhan

KENDARIPOS.CO.ID — Dari 354 bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) Buton, sebanyak 16 diantaranya belum mengajukan surat keputusan (SK) pemberhentian. Ke-16 Bacaleg tersebut ada yang berstatus aparatur sipil negara (ASN), kepala desa (Kades) dan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Buton, Burhan mengaku telah meminta partai politik (Parpol) untuk segera menyerahkan SK pemberhentian Bacalegnya. Sesuai aturan, Bacaleg yang masih berstatus ASN atau pekerja yang penghasilannya berasal dari anggaran pemerintah harus mundur. Putusan mundur itu dalam bentuk SK pemberhentian.

“Kami ingin mengingatkan Parpol agar proses pengunduran diri Bacalegnya diperhatikan. Sebab waktu penyerahan SK-nya sudah sangat kasip. Penyerahannya paling lambat tanggal 19 September nanti. Bila tidak diserahkan, nama mereka akan dicoret,” tegas Burhan saat dikonfirmasi melalui telponnya, Jumat (7/9).

Bacaleg yang belum menyerahkan SK pemberhentian sambungnya, enam diantaranya berstatus ASN. Sebagaimana aturan, mereka harus menanggalkan statusnya. Makanya, seluruh Bacaleg ASN telah disurati untuk segera menyerahkan SK pemberhentian dari instansinya masing-masing. Selebihnya, tiga yang masih menjabat Kades dan tujuh anggota BPD.

“Kita sudah menyampaikan ke parpol untuk menyerahkan SK pemberhentian mereka (yang berstatus ASN). Sudah sejak 13 Agustus 2018 lalu sampai batasnya 19 September 2018,” jelasnya.

Namun hingga kini, pihaknya belum menerima SK tersebut. Saat ini, KPU hanya baru menerima surat pemberitahuan pengunduran diri dari jabatannya. “Belum ada dokumen resmi yang kami terima, tetapi pemberitahuan lisan sudah ada (pasti menyerahkan),” ungkapnya. (c/wan)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778