Pariwara
Ekonomi & Bisnis

Helat Seminar e-Smart Marketplace, Disperindag Sultra Tingkatkan Produksi dan Pasar IKM Sultra

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sultra terus berupaya menambah share perekonomian Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Sultra. Teranyar, Disperindag yang didukung Kementerian Perindustrian menggelar workshop e-Smart IKM di Grand Clarion Hotel, tanggal 28 Agustus hingga 9 September 2018.

Langkah ini diharapkan bisa meningkatkan produksi dan pasar bagi IKM yang berimbas pada pembayaran pajak IKM. Dimana akhir Juni 2018 lalu, pemerintah menetapkan Pajak Penghasilan (PPh) 0,5 persen untuk pendapatan maksimal Rp 4,8 miliar.

“Banyaknya produk yang diproduksi IKM, peningkatan pendapatan, kemudian lanjut bayar pajak. Workshop e-Smart yang dilaksanakan Kemenperin dan Disperindag Sultra ini diharapkan bisa mendorong peningkatan produksi dan pasar, apalagi tahun ini kami ada gandengan Gojek dan Google,” ungkap Kepala Disperindag Sultra, Hj. Sitti Saleha, beberapa waktu lalu.

Lanjut dia, fasilitas workshop e-Smart yang digelar Kemenperin ini sudah dilakukan sejak 2017. Tercatat ada 2.600 IKM yang ikut serta dalam kegiatan ini. Dari jumlah tersebut, sudah 60 IKM yang mendapat fasilitas kerja sama dengan Google untuk meningkatkan pasar dan produknya.

Kerja sama dengan penyedia layanan seperti Google dan Gojek itu ternyata mampu mendorong IKM dalam meningkatkan pasar secara e-Smart atau memanfaatkan teknologi internet. Menurut Saleha, Workshop e smart tahun 2017, masih memprediksi hasil workshop baru bisa dilakukan tahun depan.

“Nah, workshop seperti e-Smart ini, bisa langsung diaplikasikan saat itu juga. Tidak perlu menunggu (kapasitas produksi) lagi. Apalagi ternyata dalam jaringan logistiknya, IKM sudah banyak yang memanfaatkan layanan dari aplikasi GoJek yang belum lama ini hadir di Kendari. Untuk optimalkan pemahaman peserta, kami hadirkan pihak perbankan yang bisa diakses untuk permodalan, seperti Bank Indonesia dan lainnya. Termasuk dari google yang siap memberikan motivasi dan pelatihan manajemen bisnis,” pungkas Saleha. (ags/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778