Pariwara
Politik

Soal Pergantian Bacaleg, KPUD Koltim Belum Terima Usulan Parpol

KENDARIPOS.CO.ID — Dua bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) Kolaka Timur (Koltim) telah menyatakan mundur. Meskipun masih diberikan ruang melakukan pergantian, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Koltim tak kunjung menerima berkas calon pengganti dari partai politik (Parpol).

“Kami masih menunggu usulan dari partai. Apakah akan ada pergantian, itu sudah menjadi domain Parpol. Posisi kami hanya memverifikasi berkas pencalonan. Intinya, tanggal 20 September, daftar calon sementara (DCS) akan kami tetapkan menjadi daftar calon tetap (DCT),” kata Darwis, Ketua KPUD Koltim saat ditemui, Jumat (7/9).

Untuk saat ini, ia belum ingin berkomentar banyak. Pasalnya, masa pergantian DCS masih akan berlangsung hingga tanggal 10 September. “Kita tunggu saja. Yang pastinya akan kami sampaikan,” ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah, Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Koltim, Adly Yusuf Saepi menambahkan dua Bacaleg yang mengundurkan diri adalah kader Partai Golkar dan PKB. Menindaklanjuti hal itu, KPUD Koltim telah merekomendasikan Parpol untuk mengajukan calon pengganti. Sayangnya, sampai saat ini belum ada yang mengajukan.

“Pergantian bisa dilakukan karena Bacalegnya perempuan. Kalau Bacaleg laki-laki tidak bisa lantaran tidak mempengaruhi 30 persen keterwakilan perempuan,” jelas alumni Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) ini.

Tidak hanya pergantian, pihaknya telah meminta Bacaleg yang masih berstatus aparatur sipil negara (ASN) harus segera menyerahkan surat keputusan (SK) pemberhentiannya. Pasalnya, waktu penyerahan SK-nya sudah sangat kasip.

“Kalau tidak menyerahkan SK pemberhentian, maka pencalonan mereka tidak memenuhi syarat. Dengan begitu, mereka akan dinyatakan gugur dan dicoret dalam daftar calon tetap (DCT),” imbuhnya. (b/kus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778