Pariwara
HEADLINE NEWS

Pendaftaran CPNS Dibuka 19 September, Begini Tahapan, Syarat dan Jumlah Kuota yang Dibutuhkan

CPNS 2018

KENDARIPOS.CO.ID — Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 resmi dibuka 19 September mendatang. Pendaftaran dilakukan serentak secara online oleh Panitia Seleksi Nasional (Panselnas). Secara teknis dikoordinasi oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui portal pendaftaran sscn.bkn.go.id. Informasi itu disampaikan Ketua Panselnas, Bima Haria Wibisana.

“Pendaftaran CPNS 2018 dibuka serentak 19 September. Dalam dua pekan ini, pelamar sudah bisa menyiapkan berkas-berkasnya,” kata Bima Haria Wibisana saat rakor bersama pejabat daerah seluruh Indonesia di Jakarta, Kamis (6/9). Dia menambahkan, pendaftaran berlangsung sekitar dua minggu. Dan yang memenuhi syarat akan diumumkan pada 16 Oktober 2018.

Kendati begitu, lanjut dia, jadwal itu bisa saja molor. Sebab, masih ada 25 daerah belum menyerahkan formasi CPNS. Jika sampai besok (hari ini,red), kewajiban daerah menyelesaikan semua berkas usulan formasi CPNS belum dipenuhi maka jadwal pendaftaran mundur 20 September. “Kami harap daerah yang telat segera melengkapi usulan formasinya,” jelasnya.

Dia menambahkan, pendaftaran akan dibuka serentak sehingga seluruh formasi harus siap. Ini sebagai antisipasi ada instansi yang kurang pelamar. “Pertemuan tadi (kamis,red) memastikan seluruh daerah agar segera membereskan proses administrasinya. Kalau tidak beres, bagaimana kami bisa buka pendaftaran. Prinsipnya, kami berharap 19 September sudah dibuka. Kalaupun molor cukup sehari saja 20 September,” harapnya.

Lebih jauh Kepala BKN ini menjelaskan, setiap pelamar calon abdi negara harus memenuhi persyaratan umum untuk bisa lolos tahap awal. Persyaratan ini sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil. “Ada persyaratan umum dan khususnya. Yang syarat khusus ditentukan instansi penerima CPNS,” terangnya.

Adapun persyaratan umumnya adalah calon pelamar merupakan lulusan dari Sekolah Menengah Atas (SMA)/sederajat yang sudah terdaftar di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan/atau Kementerian Agama. Untuk lulusan Perguruan Tinggi Dalam Negeri dan Program Studi yang terakreditasi dalam Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Negeri (BAN-PT) dan terdaftar di Forlap Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi saat kelulusan. “Instansi bisa menetapkan persyaratan tambahan sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan masing-masing jabatan, kecuali persyaratan akreditasi perguruan tinggi,” tambahnya.

1 of 3

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778