Pariwara
Metro Kendari

Kembangkan Kebun Hidroponik Berbasis Agribisnis di Kelurahan Wua-wua

KENDARIPOS.CO.ID — Nuansa asri nan sejuk menyambut koran ini ketika berkunjung di Kelurahan Wua-wua. Berbagai tanaman obat keluarga (Toga) dan aneka jenis sayuran tertanam rapi dengan kebun hidroponik begitu menyejukkan.

Pipa paralon didesain sedemikian rupa sebagai wadah tanaman. Tanaman tumbuh menghijau. Desain pola tanam hidroponik sebagai alternatif agar pekarangan warga yang kosong dapat produktif. Selain itu, kebun hidroponik ini didedikasikan untuk meningkatkan perekonomian warga dengan konsep agribisnis.

Kebutuhan sayuran dapat teratasi dari kebun hidroponik. Harganya lebih murah, kebersihan tanaman lebih terjamin dan tentu saja sehat. “Ide awal pemanfaatan pekarangan ini digagas masyarakat dan kami dari kelurahan sangat mendukung karena ini menjadi salah satu program unggulan di Kelurahan Wua-wua,” ujar Lurah Wua-wua, Bahdar Letehina, Kamis (6/9).

Beragam bibit tanaman diperoleh dari Dinas Tanaman Pangan dan Pertanian Kota Kendari. Saat ini terdapat lima kelompok tani kebun hidroponik di Kelurahan Wua-wua. Salah satunya adalah kebun hidroponik Bali yang terletak di Jalan Haeba Dalam, Transito. Kebun itu berukuran 10 x 15 meter persegi. Kebun ditanami berbagai varian sayuran seperti sawi pagoda, selada merah, selada med green, selada coral, dan kangkung.

Bahdar Letehina berharap kegiatan ini dapat berkelanjutan dan semua masyarakat berpartisipasi membuat kebun hidroponik sehingga dapat menjadi percontohan oleh kelurahan lain. Ke depan kebun itu akan dikembangkan menjadi destinasi wisata lokal. Apalagi saat ini sedang diperluas dengan 7.000 lubang tanam. Pengunjung dapat berbelanja dan memesan sayur segar di Kelurahan Wua-wua. (rat)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778