Pariwara
Edukasi

GPLB Tuna Rungu Keliling Indonesia

Arifuddin Mangka/Kendari Pos
Harmoko, Pemuda berkebutuhan khusus bersama Direktur Utama Kendari Pos, Irwan Zainuddin, saat menyambangi Graha Pena Kendari Pos.

KENDARIPOS.CO.ID — Semangat Harmoko, pemuda berkebutuhan khusus, mengelilingi nusantara dengan seragam pramukanya sangat luar biasa. Penyandang tuna rungu ini sudah mendatangi tiga provinsi di Indonesia yakni Aceh, Sumatera Utara, dan Papua. Hampir seluruh kabupaten di Sulawesi Tenggara juga telah didatanginya.

Pria kelahiran, Desa Silea Kabupaten Kolaka, 8 Oktober 1995 itu merupakan Ketua Gerakan Pramuka Luar Biasa (GPLB) Tuna Rungu, Kolaka. Kamis (6/9), Harmoko menyambangi Graha Pena Kendari Pos. Dia memperkenalkan bahwa seorang anak berkebutuhan khusus juga bisa menjadi anggota pramuka yang hebat. Sikapnya yang berani membuat Harmoko begitu bersemangat ingin mengelilingi Indonesia.

“Saya telah berkunjung ke beberapa provinsi. Setiap provinsi yang saya kunjungi, sedapat mungkin bertemu gubernurnya dan bersilaturahmi. Begitu pula saat ke kabupaten/kota, saya berusaha bertemu bupati/wali kotanya. Paling tidak, ketua kwarcabnya,” ungkap Harmoko yang saat menyampaikan kisah perjalanannya yang diketik melalui fasilitas short message service (SMS) di handphonenya.

Setelah berkeliling di Kendari, Harmoko rencana akan berangkat ke Wakatobi. Daerah yang belum dikunjunginya. Beberapa daerah di Sultra seperti Muna, Buton, Baubau, Konsel dan daerah lainnya, sudah didatanginya. “Saya juga masih akan berangkat ke provinsi lain. Baru tiga provinsi yang saya datangi,” katanya.

Dirut Kendari Pos, Irwan Zainuddin mengapresiasi semangat Harmoko. Ia menilai, tekad Harmoko mengelilingi Indonesia belum tentu dimiliki anak-anak lainnya. Anak-anak normal atau bukan yang berkebutuhan khusus pun, belum tentu memiliki keberanian berkeliling Indonesia tanpa didukung modal. Namun, Harmoko mampu melakukannya untuk memperkenalkan bahwa seorang anggota pramuka harus memiliki jiwa yang berani. (p1)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778