Pariwara
Metro Kendari

Butuh Mobil Keliling dan Peralatan Pendukung, Disdukcapil Kendari Usulkan Anggaran Rp 2 Miliar

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kendari butuh anggaran banyak untuk memaksimalkan pelayanan e-KTP. Dinas yang dipimpin Halili itu butuh kendaraan operasional, mobil pelayanan keliling e-KTP. Kendaraan operasional itu masuk dalam usulan 15 item lainnya.

Anggaran yang dibutuhkan sekira Rp 2 miliar lebih dan sudah diusulkan dalam APBD Perubahan. Salah satu item yang mendesak adalah sarana dan prasarana pendukung yaitu mobil keliling pelayanan. “Saat ini pelayanan kita hanya di tempat. Kita mau “jemput bola”. Hal ini untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” ungkap Halili, Rabu (5/9).

Halili mengusulkan pengadaan sarana pendukung setelah merujuk pada Peraturan Presiden Nomor 112 tahun 2013 yang menekankan bahwa pengadaan hanya satu kali. Selebihnya pengadaan dan pemeliharaan dibebankan kepada daerah.

Meski tidak semua 16 item kebutuhan Disdukcapil yang akan terakomodir namun Halili berharap kebutuhan mendesak dapat terealisasi. Peralatan yang digunakan saat ini sudah berumur enam tahunan. “Sudah wajar diganti karena kurang maksimal,” tuturnya.

Sementara itu, anggota DPRD Kota Kendari, Subhan merespons baik usulan anggaran yang diajukan Disdukcapil. Angka Rp 2 miliar dianggap rasional. Namun tentunya harus dibahas lebih dulu di DPRD Kota Kendari. “Ini memang kebutuhan yang harus diutamakan sebab ini terkait pelayanan kepada masyarakat,” ujar Subhan yang juga Ketua Komisi I.

Angka Rp 2 miliar memang sangat besar namun ada beberapa alat perekaman yang tidak layak lagi gunakan dalam proses pelayanan. Apalagi saat ini menjadi tahun politik jelang pemilu 2019 maka wajib pilih harus memiliki KTP. (p1/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778