Pariwara
Politik

Permintaan KPUD Ditolak, Sinkronisasi Data Pemilih Tertunda

KENDARIPOS.CO.ID — Proses pemutakhiran data pemilih Kolaka Utara (Kolut) sedikit mengalami kendala. Upaya Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kolut menyingkronkan data pemilih dengan meminta data warga yang telah melakukan perekaman kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) ditolak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

“Permintaan kami ditolak. Mereka beralasan tidak perlu lagi berhubungan dengan daerah. Pasalnya, sudah ada MOU antara Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan KPU RI. Data yang kami minta katanya telah diserahkan di tingkat pusat,” kata Sirajuddin, Komisioner KPUD Kolut saat ditemui, Selasa (4/9).

Penolakan itu sambungnya terkesan mengada-ngada. Apalagi pihak Disdukcapil khawatir data tersebut disalahgunakan. Padahal KPU adalah lembaga resmi. Bukan hanya itu, permintaan tersebut bagian dari upaya penyelenggara menyingkronkan data pemilih.

“Kekhawatiran penyalahgunaan data itu sangat berlebihan. Terlebih permintaan itu disampaikan langsung Ketua KPUD, Susanti Ernawati pada pejabat Capil,” tandas Koordinator Divisi Perencanaan Program Data Organisasi dan SDM KPUD Kolut.

Dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019 kata Sirajuddin, sebagaian nomor induk kependudukan (NIK) masih dirahasikan. Atas dasar itu, KPUD Kolut berinisiatif meminta data tersebut. Hal itu untuk memastikan keakuratan data pemilih. Pasalnya, data ini berpotensi disalahgunakan pihak lain.

“Yang terjadi, Capil justru mencurigai KPU menyalahgunakan data tersebut. Sementara data itu hanya akan dijadikan data pembanding untuk menyinkronkan data dengan hasil kerja anggota kita di lapangan agar akurat. Itu aja. Alhasil, sinkronisasi data pemilih tidak bisa dilaksanakan,” pungkasnya. (b/rus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778