Pariwara
Konawe Selatan

Proyek Pasar Ambaipua di Konsel Tuntas Akhir 2018

KAMALUDDIN/KENDARI POS
PASAR RAKYAT : Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga (tengah) didampingi Sekab, H. Sjarif Sajang (kedua dari kanan) bersama Ketua DPRD, Irham Kalenggo (kiri) ketika meninjau lokasi pembangunan pasar di Desa Ambaipua.

KENDARIPOS.CO.ID — Masyarakat Desa Ambaipua di Kecamatan Ranomeeto, Kabupaten Konawe Selatan, akan segera menikmati fasilitas pasar representatif. Pasar lama yang letaknya kurang strategis dan berada di bahu jalan poros Ambaipua-Angata akan ditutup dan dibangun sentra perkulakan baru melalui dana APBN. Paling lambat, akhir tahun 2018 sudah rampung. Bupati Konawe Selatan (Konsel), H. Surunuddin Dangga didampingi Sekretaris Kabupaten (Sekab), H. Sjarif Sajang dan Ketua DPRD Irham Kalenggo, baru saja meninjau lokasi perencanaan pembangunan lokasi pasar rakyat tersebut.

“Lokasi pembangunan pasar rakyat seluas 1,5 hektare itu murni milik Pemkab Konsel yang telah dibeli dari masyarakat melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). Pembangunannya akan dibiayai APBN dengan kontrak Rp 5,6 miliar,” jelasnya, jumat (31/8). Pembangunan pasar dalam jangka waktu empat bulan akan menjadi pusat perdagangan dengan sistem lebih baik dengan sarana prasarana lengkap. “Ini sesuai keinginan dan kebutuhan masyarakat agar Desa Ambaipua bisa lebih berkembang,” kata Surunuddin.

Sementara itu, Kadisperindag Konsel, Sitti Khadijah, mengatakan, pembangunan pasar rakyat semi modern itu merupakan upaya relokasi bagi pedagang di tempat lama. “Karena pasar yang ada sekarang lahannya sudah tidak mencukupi, disebabkan jumlah pedagang makin banyak dan pertumbuhan penduduk juga tinggi. Sehingga ketika terjadi hari pasar menimbulkan kemacetan dan sangat sesak. Apalagi kondisi bangunannya sudah tua,” timpalnya.

Pekerjaan proyek tersebut juga sejalan dengan program Kemenperindag untuk merevitalisasi pasar dengan sumber dana dari APBN dengan syarat bangunan sudah di atas usia 25 tahun dan masih minim sarana dan prasarana. “Pembangunan pasar rakyat ini dimulai Agustus dan akan lebih representatif dengan akses mudah serta lebih nyaman. Juga akan dilengkapi pasar basah dan kering, ruang pendingin (cold storage), WC, ruang pengelola, serta musala yang akan dikelola Pemkab dan pemerintah desa untuk retribusinya,” tandas Sitti Khadijah. (b/kam)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778