Pariwara
Nasional

Bacaleg DPR asal Sultra Masih “Bersih”, KPU RI Belum Terima Aduan Masyarakat

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Bakal calon legislatif (Bacaleg) DPR RI asal Sulawesi Tenggara (Sultra) masih “bersih”. Dalam artian belum ada aduan masyarakat terkait track record mereka selama ini. Kalau kondisi ini tidak berubah, maka 20 September mendatang, semua yang berstatus daftar calon sementara (DCS) bakal naik status jadi daftar calon tetap (DCT).

Informasi itu disampaikan Ketua KPU RI, Arief Budiman. Menurutnya, hingga kini belum dapat laporan tentang adanya bacaleg DPR asal Sultra yang diadukan masyarakat. “Secara umum sebenarnay sudah ada 20 aduan yang masuk. Hanya saja, tidak ada dari Sultra,” ungkap Arief saat dihubungi dari Jakarta, Jumat (31/8).

Kendati sudah mengantongi aduan masyarakat, namun Arif masih enggan membeberkannya. Dia hanya memberi sedikit bocoran. “Paling banyak soal ijazah dan catatan kriminal,” ujarnya. Arif mengaku belum mau membeberkan secara detail karena masih harus lakukan verifikasi. “Kita periksa dulu, termasuk identitas pelapor. Jika laporannya terbukti otomati, maka kami kembalikan kepada partai politik pengusung dan caleg yang dilaporkan tersebut dianggap tidak memenuhi syarat,” jelasnya.

Mantan Komisioner KPU Jawa Timur ini juga memastikan bahwa laporan yang telah masuk di KPU tidak terkait dengan perbuatan pidana yang dilarang oleh KPU. “Yang kita larang itu kan terkait dengan kasus pidana korupsi, pidana kejahatan terhadap anak dan narkoba. Semua perkara yang dilaporkan terkait pidana lain dan masalah trak record masing-masing caleg,” terangnya.

Sementara itu, Ketua KPU Sultra La Ode Abdul Natsir mengatakan hingga kini, pihaknya belum mendapatkan laporan masyarakat atau kelompok terkait persoalan pidana yang dilarang oleh KPU. “Sampai saat ini belum ada laporan yang kami dapatkan dari masyarakat. Baik DPRD maupun DPR RI, saya belum dapat laporan. Sedangkan untuk DPD RI sendiri saya belum memantau informasinya,” imbuhnya. (b/yog)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778