Pariwara
Metro Kendari

Inovasi Bank Sampah di Kelurahan Bende Berbasis Teknologi

KENDARIPOS.CO.ID — Kelurahan Bende identik dengan kelurahan kreatif dan inovatif berbasis teknologi. Dalam hal pengelolaan sampah, Kelurahan Bende menerapkan program bank sampah yang ditopang aplikasi yang disematkan dalam smartphone.

Lurah Bende, Amir Yusuf mengatakan berbekal kreativitas, pihak kelurahan mengedukasi masyarakat untuk menciptakan kawasan kreatif dalam membenahi lingkungan. Untuk mendukung itu, sistem pengelolaan sampah yang terintegritas dan memenuhi syarat kesehatan lingkungan diterapkan dengan berbasis teknologi.

Program ini diperlukan partisipasi masyarakat sebagai anggota bank sampah. Aplikasi bank sampah di smarthphone terhubung di server. Tiap anggota dapat menghubungi server dan memilah sampah kering atau basah. Lalu petugas bank sampah yang akan menjemput sampah-sampah tersebut.

Kendala yang dihadapi yakni teknologi yang digunakan belum memenuhi syarat, dan sebagian warga belum mengetahui akses bank sampah berbasis teknologi. Perlu sosialisasi agar tercipta lingkungan bersih. “Program bank sampah berbasis teknologi saat ini dipusatkan di RW 4, ada sekira 360 kepala keluarga yang terlibat,” ujar Lurah Bende, Amir Yusuf di ruang kerjanya, Rabu (29/8).

Manfaat yang dinikmati masyarakat yakni kemudahan mendapat informasi terbaru terkait bank sampah, aplikasi itu memudahkan alur koordinasi antarunit bank sampah dengan bank sampah pusat, serta mendorong masyarakat untuk peduli sampah dan lingkungan. “Manfaat lain dapat menyukseskan program pemerintah dalam membentuk masyarakat yang peduli lingkungan dan mendorong terciptanya smart city dengan pemanfaatan teknologi,” tutup Amir Yusuf. (rat)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778