Pariwara
Politik

Bawaslu Tunda Pleno Dugaan Mahar Politik

Fritz Edward Siregar

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu RI) menunda rapat pleno dugaan mahar politik bakal calon wakil presiden Sandiaga Uno. Anggota Bawaslu RI, Fritz Edward Siregar mengatakan rapat pleno ditunda karena tim yang bertugas menangani tindak lanjut pelanggaran (TLP) belum merampungkan hasil kajian.

“Bagian tindak lanjut pelanggaran (TLP) masih menyusun kajian yang akan dipresentasikan ke pimpinan, mengenai biduk perkara juga saksi dan buktinya. Mungkin akan ditunda besok,” katanya, di Kantor Bawaslu RI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (29/8).

Alasan lain, lanjut Fritz, pihaknya sudah terjadwal untuk mengikuti rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi II DPR RI di Senayan. Rapat pleno sedianya dilangsungkan pada sore nanti. Rapat itu kata Fritz untuk mendengarkan presentasi dari TLP terkait laporan dari Federasi Indonesia Bersatu itu. Dalam rapat itu, pihaknya akan mempertimbangkan isi laporan, dugaan pasal yang dilanggar, unsur-unsur pertimbangan, bukti-bukti, dan petunjuk untuk memenuhi pengusutan kasus itu dilanjutkan atau tidak.

“Besok juga ada RDP. Mungkin paginya atau setelah RDP baru kami pleno. Dengan situasi seperti ini agak sulit kami berkumpul. Apalagi kasusnya agak sensitif dan berat untuk dilanjutkan atau tidak dilanjutkan sehingga kami butuh waktu untuk membaca hasil kajian yang dilakukan oleh bagian TLP. Semoga teman-teman bisa mengerti,” jelasnya.

Perlu diketahui, kasus ini berawal dari cuitan Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Andi Arief yang menyatakan Prabowo Subianto sebagai jenderal kardus di akun twitter pribadinya @AndiArief_, beberapa waktu lalu. Dalam cuitannya, Andi Arief juga mengungkapkan dugaan pemberian “mahar” masing-masing senilai Rp 500 miliar ke Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Bagai gayung bersambut, berdasarkan cuitan Andi Arief, Federasi Indonesia Bersatu pun melaporkan ke Bawaslu. Bawaslu juga sudah tiga kali melayangkan panggilan ke Andi Arief. Pemanggilan ketiga dilakukan Bawaslu pada Senin (27/8) lalu. Namun Andi tak kunjung datang. (lov/rmol)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778