Pariwara
HEADLINE NEWS

Rekrutmen CPNS Belum Jelas, DPR Ragukan Kesiapan Anggaran, Kemenpan Masih Optimis

KENDARIPOS.CO.ID — Rencana penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) hingga kini masih “gelap”. Badan Kepegawaian Nasional (BKN) yang ditunjuk sebagai panitia seleksi nasional (Panselnas) belum bisa memastikan kapan rekrutmen calon abdi negara tersebut dilakukan. Berita bagusnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), ?Syafruddin berjanji akan menyeriusinya usai perhelatan Asian Games.

Belum adanya kepastian rekrutmen CPNS 2018 disampaikan Kepala Biro, Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB, Mudzakhir. Kendati begitu, pihaknya masih terus melakukan konsolidasi terkait dengan penerimaan CPNS 2018. “Kami masih optimis, akan ada rekrutmen CPNS tahun ini.
Hanya soal waktunya, masyarakat harus bersabar,” ungkap Mudzakir, Senin (27/8).

Dia tidak menampik kalau belum ada progres terkait penerimaan CPNS. Namun Mudzakir berdalih bahwa Badan Kepegawaian Nasional (BKN) tengah memproses semua data dan formasi. Untuk formasi sendiri, masih menunggu tahap konsolidasi yang tengah dilakukan Kementerian PAN-RB bersama steakholder terkait. “Pengumuman penerimaan CPNS 2018 belum akan dilakukan sampai waktu selesai konsolidasi,” ungkapnya, tanpa menyebut kapan konsolidasi selesai dilakukan.

Mudzakir menambahkan, saat ini tengah menunggu Menpan-RB karena masih bertugas sebagai Ketua Kontingen di Asian Games untuk melakukan perampungan pembahasan konsolidasi terkait dengan penerimaan CPNS 2018. “Kita tunggu saja selesai Asian Games. Kita harapkan pembahasan konsolidasi akan segera dilanjutkan dan dapat dirampungkan segera,” jelasnya.

Menpan-RB, Syafruddin belum mau bicara banyak soal rekrutmen CPNS. Dia mengaku sudah dapat izin dari Presiden untuk fokus dulu urus Asian Games. Posisi sebagai Ketua Kontingen membuatnya harus fokus dan meninggalkan sementara tugasnya di Kemepan-RB. “Saya tahu seperti apa progresnya. Tapi, setelah perhelatan Asian Games, kita akan urus,” janjinya.

Kalau internal Kemenpan masih optimis, beda dengan anggota DPR RI. Wakil rakyat mulai pesimis, rekrutmen CPNS 2018 bisa dilakukan. Sebab, kondisi keuangan negara dalam kondisi tidak stabil. Hal itu disampaikan anggota Komisi II DPR RI, Amirul Tamim.

Kata dia, janji rekrutmen CPNS telah diwacanakan sejak masa kepemimpinan Yuddy Chrisnandi sebagai Menpan-RB, namun faktanya tak kunjung direalisasikan. “Persoalan Honorer K2 saja sampai kini belum bisa diselesaikan. Sebelumnya, Menpan terah menyanggupi (untuk buka seleksi CPNS), namun fakta di lapangan tidak pernah terjadi,” ujar Amirul Tamim saat ditemui di kompleks DPR RI Senayan Jakarta, Senin (27/8).

Selain itu, lanjut dia, persoalan anggaran juga menjadi kendala. Mantan Wali Kota Baubau ini mengungkapkan, 2019 adalah tahun terberat yang menyita energi bangsa begitu besar. Keuangan negara akan terkuras untuk kepentingan Pemilu serentak.

“Alokasi anggaran untuk KPU saja mencapai Rp 30 triliun dan Bawaslu Rp 14 triliun. Itu baru dua lembaga dengan satu kegiatan saja, bagaimana dengan lembaga lain. Saya rasa agak berat dari sisi anggaran untuk menyelenggarakan penerimaan CPNS 2018,” pesimisnya.

Hal senada juga diungkapkan anggota Komisi XI DPR RI, Haerul Saleh. Ia mengaku belum pernah melakukan pembahasan bersama dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terkait dengan rekrutmen CPNS 2018. “Belum ada pembahasan. Kalaupun ada, kemungkinan besar akan ditolak. Kita ingin pemerintah bisa menyelesaikan dulu persoalan K2 dari pada harus mengangkat pegawai baru. Selesaikan dulu masalah yang belum selesai,” pungkasnya. (b/yog)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778