Pariwara
Kolom

Garuda Itu Ada di Sultra, Oleh: Prof. Hanna

Hanna

KENDARIPOS.CO.ID — Pelaksanaan Asian Games kali ini berbeda dengan sebelumnya. Perbedaan itu, salah satunya dari keragaman atlet yang memperkuat kontingen merah putih. Hebatnya, banyak putra-putra terbaik negeri ini berasal dari daerah terpencil, namun mampu meraih prestasi di ajang bergengsi ini. Beberapa diantaranya berasal dari pelosok Sulawesi Tenggara (Sultra).

Berbicara tentang para atlet berprestasi tersebut, saya teringat sebuah film berjudul “Sayap-sayap Garuda” yang diputar oleh Kantor Bahasa belum lama ini. Film ini, bercerita tentang seorang anak miskin yang sangat menyayangi kakeknya dan tinggal bersama dengannya. Kesehariannya, mereka berdua menjadi pengumpul beras dari masyarakat di kampungnya untuk dijual demi membantu orang-orag miskin di situ.

Mungkin bagi mereka yang sudah menonton film ini, akan bertanya hubungannya dengan prestasi atlet Sultra dengan film Sayap-sayap Garuda itu apa? Prestasi yang ditorehkan oleh atlet-atlet Sultra terasa lebih istimewa dibanding atlet daerah lain. Ada beberapa alasannya. Pertama, dari segi ferkuensi latihan, atlet lain lebih banyak dibanding atlet Sultra. Kedua, dari segi kelayakan lapangan, Sultra belum memiliki lapangan berstandar nasional.

Alasan ketiga, dari segi pendanaan, Sultra tidak memiliki sponsor seperti daerah lain. Pertanyaanya adalah mengapa mereka berprestasi jika kondisinya demikian? Inilah yang harus dicari jawabannya. Bahwa ternyata, kelengkapan fasilitas saja tidak cukup untuk mendongkrak prestasi. Faktor lainnya adalah semangat dan motivasi. Inilah yang dimiliki atlet Sultra.

Seorang filsuf bernama Andrew Gene pernah mengatakan begini: “Jangan menyia-nyiakan hidup untuk menunggu datangnya sayap. Yakinlah bahwa, kamu mampu untuk terbang sendiri”. Kata bijak ini menggambarkan bahwa kekuatan motivasi dan semangat bisa menjadi salah satu kunci kemenangan dalam setiap kompetisi. Prinsip inilah yang harus dimiliki oleh seluruh atlet bangsa ini supaya bisa berjaya di masa mendatang.

Tak hanya itu, mereka juga punya tekad membara. Mereka punya prinsip, sekali meninggalkan kampung halaman, maka harus sukses dan berprestasi. Komitmen ini semakin membara dan kokoh saat dipadukan dengan semangat nasionalisme. Sebagai generasi penerus bangsa, mereka juga punya jiwa nasionalisme yang tinggi. Dengan begitu, muncul rasa senasib sepenanggungan, sehingga keinginan untuk mengharumkan nama bangsa begitu tinggi. Atlet Sultra sudah menujukkan kemampuan dan prestasi di perhelatan internasioanal meski tanpa didukung peralatan memadai. Kita yakin, ke depan akan muncul bibit-bit baru atlet yang bisa mengharumkan nama bangsa. Percayalah, garuda itu juga ada di Sultra. (*)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778