Pariwara
Metro Kendari

Rp 300 Juta Mengalir, Pemprov Sultra Bantu Korban Gempa Bumi di NTB

Teguh Setyabudi

KENDARIPOS.CO.ID — Bencana gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) memang belum berstatus bencana nasional. Namun begitu, pemerintah pusat menginstruksikan agar seluruh daerah membantu korban di Lombok. Pemprov Sultra pun sudah menerima surat edaran yang ditandatangani Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo.

Pj. Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi memastikan Pemprov Sultra akan mengalokasikan anggaran untuk membantu warga NTB. Dia prihatin atas tragedi bencana alam yang menimpa warga di otorita Gubernur NTB, Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang itu. “Pastinya kita sangat prihatin dengan bencana ini dan kita ingin membantu. Kita akan segera bahas dengan DPRD,” ujar Teguh Setyabudi, akhir pekan lalu.

Meski pemerintah pusat tidak mematok apa jenis bantuan dan jumlah bantuan yang akan diberikan namun Pemprov Sultra tetap akan membahasnya bersama DPRD Sultra. Utamanya soal bentuk dan volume bantuan. “Saya rasa bukan besarannya. Intinya bantuan itu adalah bentuk keprihatinan kita, dan kita akan sesuaikan dengan kemampuan anggaran daerah,” jelas Teguh Setyabudi.

Terpisah, Plt. Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sultra, Rony Yacob mengatakan pihaknya merumuskan draf APBD Perubahan 2018. Dalam postur APBD-P tercantum dana hibah sebesar Rp 300 juta untuk bantuan korban di NTB. “Ini adalah salah satu kegiatan sosial kita. Misi kemanusiaan ini bisa menjadi motivasi bagi kita semua ini untuk menuntaskan pembahasan secepatnya, ” ujarnya.

Dana Rp 300 juta itu akan diserahkan secara tunai kepada Pemprov NTB setelah penetapan APBD-P. “Kita lihat bantuan sekarang melimpah dan tidak terkoordinir. Nanti sudah agak longgar kita serahkan. Ini namanya hibah keuangan,” ungkap mantan Pj.Bupati Muna Barat (Mubar) itu. (ely/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778