Pariwara
HEADLINE NEWS

Inspirasi Kamarudin, Rela Tak Makan dan Menumpang di Tanah Warga Demi Pendidikan Anak-anaknya

Kamarudin

KENDARIPOS.CO.ID — Kamarudin tinggal di Desa Poni-Poniki, Kecamatan Tirawuta, Kabupaten Kolaka Timur. Dia memiliki delapan orang anak, lima sudah sekolah dan tiga masih kecil. Pria asal Sulawesi Selatan ini hidup bersama istri dan anaknya di Koltim sudah 21 tahun. Hanya jadi pekerja serabutan dan hidup menumpang di tanah orang, namun dia tetap berkomitmen mendorong anaknya sekolah setinggi mungkin.

“Kami boleh miskin, tapi anak-anak harus sekolah setinggi mungkin,” ujar Kamaruddin membuka pembicaraan, Jumat (24/8). Ada nada tegas dan optimis dalam suaranya.Dia tidak mau menyerah dengan keadaan. Keyakinannya, pendidikanlah yang akan membuat derajat hidupnya akan terangkat. Dan itu yang diharapkan kepada anak-anaknya.

Tak ada yang dipikirkannya saat ini, selain usaha untuk menyekolahkan anak-anaknya. Dia rela kerja apa saja (serabutan) demi mendapatkan rupiah. Bahkan, dia rela tak makan supaya bisa mengumpulkan uang untuk biaya sekolah anak-anaknya.”Saya ingin, anak-anak bisa menjadi orang bermanfaat bagi keluarga dan daerah,” katanya.

Sesekali wajah Kamarudin mengerut dan matanya berkaca-kaca saat menceritakan perjuangannya. Ia menceritakan bagaimana upaya menyekolahkan lima orang anaknya dengan penuh perjuangan. Dia bersama istrinya terkadang tidak makan seharian. Karena uang yang dipakai untuk membeli makanan telah dipakai bayar keperluan sekolah. “Tidak makan seharian bagi kami sudah biasa.Tapi tidak masalah, yang penting anak-anak bisa sekolah,” ucapnya.

Sebelum pindah di Desa Poni-Poniki, Kecamatan Tirawuta, Februari lalu, Kamarudin dan Hayani (istrinya) bersama delapan orang anaknya berdomisili di Desa Tawarombadaka, Kecamatan Tinondo Koltim, sekitar 20 tahun lamanya. Kemudian dia hijrah di Desa Poni-Poniki sampai sekarang. Disana ia tinggal di tanah orang dengan pekerjaan serabutan.

Dia sudah ada di Koltim sejak tahun 1997 silam. Lima orang telah ia sekolahkan. Anak pertama telah selesai sekolah dan empat orang lainnya baru menduduki kelas satu dan tiga orang sekolah dasar (SD), satu orang duduk di SMA kelas XII.

1 of 2

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778