Pariwara
Politik

Bawaslu Sultra Kesulitan Jerat Pelaku Kampanye di Medsos

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Meskipun belum dimulai, sejumlah bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) mulai melakukan kampanye. Tidak hanya secara terselubung namun juga terang-terangan seperti pemasangan baliho. Namun sejauh ini, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sultra belum menemukan unsur yang bisa menjerat Bacaleg.

Ketua Bawaslu Sultra, Hamiruddin Udu tak menepis adanya ajakan yang sifatnya kampanye. Sebagian besar ditemukan di media sosial (Medsos). Hanya saja, Bawaslu cukup kesulitan melakukan penelusuran. Sebab rata-rata adalah akun palsu.

“Secara aturan, kita bisa disanksi. Sebab yang mengajak bukan Bacalegnya langsung. Makanya, sampai saat ini belum ada yang dijatuhi sanksi,” kata Hamriddun Udu saat dihubungi, Jumat (24/8).

Begitu pula dengan alat peraga Bacaleg. Dari hasil kajian Bawaslu, baliho yang terpasang di beberapa ruas jalan tidak memenuhi unsur kampanye. Sebagaimana surat edaran Bawaslu tentang alat peraga, sesuatu hal dikatakan kampanye bila ada ajakan, nomor urut dan logo Parpol. M”Pada beberapa kasus, Bacaleg tersebut hanya memasang fotonya dan jabatannya saat ini. Jika merujuk pada aturan, maka tidak melanggar,” ujarnya.

Untuk menjaga azas demokrasi, seharusnya Bacaleg harus patuh. Makanya, pihaknya telah mengimbau agar Bacaleg maupun Parpol mematuhi aturan. Dalam waktu dekat, Bawaslu kembali akan menggelar pertemuan dengan Parpol membahas persoalan ini.

Bagi Bacaleg yang terbukti melakukan kampanye sebelum jadwal lanjutnya, bisa dikenakan sanksi pidana selama tiga bulan kurungan. Selain itu, mereka juga dikenakan sanksi administrasi dan penertiban (alat peraga). “Kalau sampai dinyatakan didiskualifikasi, saya kira belum ada rujukannya. Sanksi diskualifikasi hanya untuk pelanggaran laporan dana kampanye dan money politik,” jelasnya.

Hingga kini, Bawaslu terus melakukan pemantauan. Rujukan Bawaslu tetap UU nomor 7 tahun 2017, PKPU dan surat edaran Bawaslu. (mal)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778