Pariwara
Metro Kendari

Rp 22 Miliar Masuk Kasda, Proyek Konstruksi di Sultra Tuntas Dilelang

KENDARIPOS.CO.ID — Pemprov Sultra mencapai target lelang proyek tahun ini. Memasuki pembahasan APBD Perubahan, semua proyek konstruksi di APBD 2018 sudah tuntas dilelang. Itu artinya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebagai penyusun Rencana Umum Pengadaan (RUP) dan Biro Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (BPBJP) selaku penyelenggara lelang sudah bisa fokus pada proyek di APBD-P, September nanti.

Kepala BPBJP Provinsi Sulawesi Tenggara, Rony Yacob La Ute mengatakan untuk lelang proyek konstruksi memang sudah tuntas tapi lelang pengadaan barang, jasa konsultasi dan jasa lainnya yang masih mencari rekanan terbaik saat ini. “Untuk paket konstruksi itu sudah selesai semua dilelang, sudah kontrak juga jumlahnya 181 paket. Diluar paket konstruksi memang masih berproses, tapi karena ini jalan terus tidak lama selesai, tinggal sedikit,” ujarnya.

Mantan Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat itu menegaskan dari lelang hingga 14 Agustus lalu, total efisiensi anggaran sudah Rp 22 miliar. Dana itu berasal saving dari pengadaan barang dan kontruksi. Untuk jasa kontruksi ada Rp 10,4 miliar dan pengadaan barang juga menyumbang angka efisiensi sekira Rp 10,7 miliar.

Sisanya dari jasa konsultasi dan jasa lainnya. Namun Rony Yakob memastikan pemilihan pemenang tender dilakukan sesuai dengan mekanisme, bukan untuk mengejar sisa anggaran. “Itu kembali ke kas daerah, digunakan pada penganggaran berikutnya,” ungkapnya.

Ditambahkannya dari 432 Rencana Umum Pengadaan (RUP) yang masuk, sudah 387 masuk lelang. Dari 387 paket itu, sekira 381 sudah selesai. Enam paket lainnya masih proses. “Yang belum ada beberapa paket dari Dinas Cipta Karya, Bina Marga, Perkebunan, dan ada juga dari dinas lain. Tapi bukan lagi pekerjaan besar, kebanyakan jasa konsultasi,” ungkap Rony Yakob. Dia memprediksi paling lambat awal September semua pengadaan di APBD 2018 sudah rampung. Dampak dari ketepatan waktu lelang ini kata Rony berpengaruh positif pada pertumbuhan ekonomi daerah. “Sepanjang tahun ini itu sudah beredar Rp 600 miliar uang dari proyek pengadaan. Ini kan sangat memengaruhi pertumbuhan ekonomi kita,” pungkas Rony Yakob. (ely/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778