Pariwara
HEADLINE NEWS

Tak Ada Paksaan Ikut Imunisasi, Pj Gubernur Sultra Minta Dinkes Tindaklanjuti Fatwa MUI

KENDARIPOS.CO.ID — Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah merilis hasil uji laboratorium kandungan vaksin Measles Rubella (MR). MUI menemukan adanya unsur atau kandungan di dalam vaksin tersebut yang hukumnya haram bagi umat muslim. Tetapi pada poin selanjutnya MUI menetapkan penggunaan vaksin MR untuk imunisasi, hukumnya mubah selama belum ada vaksin pengganti.

Olehnya itu, seluruh anak muslim di Indonesia diperkenankan mengikuti vaksinasi itu. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari sudah menerima salinan berisi fatwa MUI tersebut. Kepala Dinkes Kota Kendari, drg. Rahminingrum mengatakan selama menunggu fatwa MUI itu, imunisasi campak dan rubella di Metro Kendari tetap berlanjut tanpa memaksa anak untuk mengikutinya.

“Mudah-mudahan dengan adanya fatwa MUI ini memberi penguatan agar warga masyarakat ikut imunisasi. Di situ jelas dengan sebuah alasan yang logis maka diperbolehkan atau mubah,” ujar drg Rahminingrum, Kamis (23/8).

Capaian imunisasi sampai saat ini kata dia baru 22,41 persen dari target yang ditetapkan. “Jumlahnya baru 24.132 anak atau sekira 22, 41 persen,” ungkap drg. Rahminingrum.

Masih ada waktu sekira 40 hari lagi hingga September mendatang. Hanya saja drg. Rahminingrum tidak bisa memastikan apakah target imunisasi bisa tercapai. Sebab, ia belum melihat reaksi masyarakat atas fatwa terbaru MUI itu. “Saat dikatakan akan dikaji lebih dulu oleh MUI itu sudah ada yang menolak. Ada yang menunda menunggu fatwa MUI tapi ada juga yang menerima,” terangnya.

Plt Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir tidak memaksakan masyarakat untuk melakukan imunisasi MR. “Bagi yang mau saja, tidak ada paksaan. Semua terserah masyarakat. Sejauh ini memang baru sekira 22 persen lakukan imunisasi,” ujarnya.

Dirinya yakin bahwa imunisasi sangat penting dilakukan. Sebab efek dari MR ini sangat berbahaya, antara lain anak bisa mengalami kecacatan hingga kerusakan fisik lainnya. “Untuk menghindari efek dari CR harus dilakukan imunisasi, agar masyarakat Kota Kendari bisa terhindar dari penyakit ini,” ungkapnya.

1 of 3

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778