Pariwara
HEADLINE NEWS

Idul Adha 1439 H, Pj Gubernur Sultra Doakan Korban Gempa Lombok, Plt Wali Kota Kendari Serukan Berbagi

SALAT IDUL ADHA: Pj Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi memberikan sambutan usai salat Idul Adha di Masjid Al Alam Kendari, Rabu (22/8). Kepala BPSDM Kemendagri ini mengajak seluruh jamaah menjadikan Idul Qurban sebagai momentum persatuan, sekaligus mendoakan korban gempa Lombok agar diberi kesabaran dan jamaah haji Sultra supaya diberi kesehatan serta selamat hingga kembali ke tanah air. Humas Pemprov For Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Masjid Al Alam Kendari tumpah ruah, Rabu (22/8). Rumah ibadah termegah dengan kapasitas 13 ribu jamaah itu menjadi lokasi pelaksanaan salat Idul Adha para pegawai dan jajaran Pemprov Sultra. Penjabat Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi juga menunaikan salat di sana.

Sejak pukul 06.00 Wita, suasana masjid sudah ramai. Paska salat subuh, sebagian jamaah sudah bertahan di masjid, menunggu waktu Idul Qurban. Jamaah terpaksa harus berjalan kaki dari gerbang Al Alam sejauh 1,6 kilometer dikarenakan volume parkir area masjid yang sudah penuh. Dishub Sultra menyiapkan bus angkutan, namun jamaah jauh lebih banyak. Sehingga sebagian memilih berjalan kaki.

Rangkaian salat Id dimulai pukul 07.30 Wita. Dalam sambutannya, Teguh mengucapkan selamat Idul Adha pada seluruh umat Islam di Kota Kendari. Dia meminta kepada segenap umat Islam di Sultra menjadikan Idul Adha sebagai momentum meningkatkan persatuan. “Semangat berkurban harus menjadi modal untuk meningkatkan persatuan umat,” pesannya.

Tak hanya itu, dia juga mengajak jamaah untuk mendoakan jamaah haji di tanah suci agar mereka senantiasa diberi kesehatan dan kekuatan menjalani rangkaian haji. “Ada 2.000 lebih saudara kita yang tengah menjalankan ibadah haji di Tanah Suci. Mari kita kirimkan doa untuk mereka, tetap kuat sehat dan menjadi haji mabrur,” katanya.

Lebih dari itu, Teguh juga mengajak masyarakat Sultra mendoakan saudara muslim yang ada di Lombok. “Saudara kita di Lombok juga butuh doa kita. Mereka terkena musibah gempa berkali-kali, hingga saat ini 515 telah meninggal. Semoga tidak bertambah lagi, dan mereka dikuatkan hatinya, ” harapnya.

Prof. Abdullah Alhadza juga mengungkapkan ajakan senada. Guru besar yang bertindak sebagai khatib di Masjid Al Alam itu mengungkapkan perayaan Qurban harus menyisahkan hikmah mendalam di hati umat muslim. Hari raya Qurban punya sejarah keislaman yang menyentuh. “Insya Allah semangat berbagi kita terus hidup dalam jiwa kita. Karena Idul Qurban ini adalah momentum kita berbagi kepada fakir miskin,” jelasnya. Dengan ada kemauan untuk berbagi, maka tercipta keselarasan dan persatuan di kalangan umat Islam. “Ini juga momentum untuk meningkatkan persatuan. Jadi, mari berbagi,” ucapnya.

Usai pelaksanaan salat Id, Pj. Gubernur Sultra menyerahkan secara simbolis seekor sapi kurban kepada pengurus masjid Al Alam Kendari. Sesaat kemudian, pengurus langsung menyembeli kurban lalu membagikannya ke yang berhak menerima. Untuk diketahui, jumlah qurban yang tercatat di Biro Kesra Setda Sultra ada 139 ekor sapi ditambah 4 ekor kambing.

1 of 2

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778