Pariwara
Wakatobi

Banyak Calon Pengantin di Wakatobi tak Bisa Mengaji

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Setiap tahun, ratusan pasangan mendaftarkan diri pada Kantor Urusan Agama (KUA) di Wakatobi untuk melakukan pernikahan. Selain harus melengkapi administrasi, ada beberapa syarat lainnya yang harus dipenuhi oleh calon pengantin. Berwudhu dan mengaji merupakan salah satu syarat lainnya yang harus dipraktikkan. Uniknya, dari ratusan pasangan tersebut, lebih dari setengahnya dinilai belum sempurna.

Kasi Bimas Islam pada Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Wakatobi, H. Mashudin, menyebut, dari 709 pasangan yang menikah tahun 2017 lalu, 60 persen lebih calon pengantin dinyatakan belum sempurna saat mengaji. “Masih banyak diantaranya yang juga belum bisa berwudhu dengan benar,” ungkapnya, Senin (20/8). Ia menjelaskan, saat mendaftar, para penyuluh agama yang bertugas di masing-masing KUA memberikan kursus pada calon suami istri tersebut. Utamanya berkaitan dengan ketahanan dan masalah rumah tangga, undang-undang perkawinan hingga kesehatan rahim calon mempelai wanita.

“Selain itu, kita memberikan praktik kepada calon pengantin seperti wudhu dan mengaji. Banyak hal yang menurut kami masih kurang sempurna dilakukan. Bahkan wudhu saja masih banyak yang belum benar,” sambungnya.

Tak hanya itu, mereka juga tak sempurna dalam membacakan ayat-ayat suci Alquran. Ada sejumlah calon yang mengaji karena menghafal.

“Ada yang masih terbata-bata. Saat ini, penyuluh agama sudah disebar untuk mengajar mengaji dan sebagainya,” tambahnya. Jika kondisi calon pengantin masih seprti itu, pihaknya terpaksa harus memberikan sanksi. “Buku nikahnya kita belum berikan. Kita beri waktu belajar ngaji dulu. Kalau sudah bisa, baru kita serahkan,” tegas H. Mashudin.

Pihaknya mengimbau masyarakat yang punya rencana untuk menikah sebaiknya mempersiapkan segala administrasi dan mematuhi aturan yang ada. “Mengajinya juga diperbaiki dan ingat, pendaftaran pernikahan cuma satu yakni di KUA,” pungkasnya. (c/thy)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778