Pariwara
Politik

Terkendala Jaringan, Penetapan DPT di Konut Diundur

Yusdiana

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe Utara (Konut) terpaksa menunda penetapan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019. Hal ini disebabkan adanya kendala pada jaringan sistem daftar pemilih (Sildalih). Sejak tanggal 18 Agustus lalu, server Sidalih tak bisa diakses.

“Karena adanya ganguan, makanya kita jadwalkan besok (hari ini) tanggal 21 Agustus yang merupakan akhir penetapan daftar pemilih tetap (DPT) untuk tingkat kabupaten,” ujar Yusdiana, Komisioner KPUD Konut saat ditemui, Senin (20/8).

Mantan pengurus Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Kendari mengatakan rekapan data manual panitia pemungutan kecamatan (PPK) telah dirampungkan. Jumlahnya sebanyak 41.952 pemilih. Sementara jumlah tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak 218 TPS yang tersebar di 170 desa dan kelurahan di 13 kecamatan.

“Namun data pastinya, baru akan dipleno setelah sinkronisasi dengan Sidalih. Karena Sidalih sendiri yang diinput baru 8 kecamatan. Sehingga masih terdapat 5 kecamatan lagi yang belum diinput,” ujar Yusdiana.

Untuk jumlah penambahan DPT Konut kata dia, tidak terlalu signifikan. Diperkirakan penambahan DPT tidak mencapi 100 orang. “Penambahan DPT ada, tapi tidak terlalu signifikan. Tidak sampai 100, yang paling banyak pemilih pemula. Makanya untuk kepastiannya nanti hasil pleno,” ulangnya menegaskan.

Selain pemilih yang ada di Konut, ternyata ada pemilih asal Konut yang bermasalah hukum yang kini sementara menjalani proses hukum di lembaga pemasyarakatan. Jumlah mencapai puluhan orang.

“Jadi ada pemilih Konut yang berada di lembaga pemasyarakatan. Yakni Rumah Tahanan (Rutan) Unaaha berjumlah 24 orang, Lapas Kendari sebanyak 16 orang dan Rutan Punggolaka 5 orang dengan total keseluruhan sebanyak 45 orang. Data ini merupakan data hari ini, jadi kemungkinan data Napi akan berkurang, karena ada beberapa Napi yang akan bebas sebelum hari H,” pungkasnya. (b/min)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778