Pariwara
Politik

Umumkan DCS, KPUD Wakatobi Tunggu Tanggapan Masyarakat

Abdul Rajab

KENDARIPOS.CO.ID — Setelah melalui tahapan verifikasi, daftar calon sementara (DCS) bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) Wakatobi akhirnya ditetapkan. Hasil pleno Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat ini selanjutkan akan diumumkan untuk meminta masukan dan tanggapan masyarakat.

Ketua KPUD Wakatobi, Abdul Rajab mengimbau masyarakat lebih proaktif menanggapi DCS. Hal ini tak lain untuk memastikan Bacaleg yang disusun dalam DCS memang telah memenuhi persyaratan. Sampai hari ini, KPU belum menerima satu pun tanggapan dari masyarakat.

“Kami berharap masyarakat memberi tanggapan terhadap DCS. Sejauh ini, memang belum ada. Namun kami tetap menunggu sebab waktunya masih cukup panjang. Kalau ada Bacaleg yang tidak memenuhi syarat (TMS), maka yang bersangkutan akan dicoret. Nantinya, partai politik (Parpol) pengusung akan mencari penggantinya,” kata Abdul Rajab saat ditemui Selasa (14/8).

Sesuai tahapan sebagaimana yang tertuang dalam PKPU nomor 5 tahun 2018, pengumuman DCS akan berlangsung mulai tanggal 12 s.d 20 Agustus. Setelah itu, KPU akan memberi kesempatan pada Parpol dan Bacaleg melakukan klarifikasi atas tanggapan yang masuk. Hasil klarifikasi tersebut akan menjadi rujukan KPU menyusun daftar calon tetap (DCT).

Bagi calon yang ingin mengundurkan diri lanjutnya, tetap bisa melakukan pergantian. Hanya saja, khusus bagi Caleg perempuan. Sementara Caleg laki-laki tidak bisa digantikan. Pasalnya, Caleg perempuan bisa berimbas presentase keterwakilan perempuan.

Sekedar diketahui, dari 14 Parpol yang mendaftar, satu diantaranya dinyatakan gugur. Makanya, hanya 13 Parpol yang akan berlaga pada pemilihan calon anggota legislatif (Pilcaleg) 2019. Setelah melalui beberapa tahapan, jumlah Bacaleg yang masih tersisa 238 orang. (b/thy)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778