Pariwara
HEADLINE NEWS

Rektor UHO Kendari Motivasi Peserta SMN asal Jabar, Hari Ini, Kunjungi Bokori

BERTEMU REKTOR: Peserta SMN asal Jabar didampingi panitia BUMN Hadir Untuk Negeri berkunjung di Universitas Halu Oleo (UHO), kemarin. Mereka disambut langsung Rektor UHO, Prof Muh Zamrun F (tengah, pakai kacamata). Tampak Koordinator SMN 2018 Inalum-Antam, Jeffri Iskandar (tengah, baju kotak-kotak) ikut mendampingi. Usai diskusi, sempatkan foto bersama. Foto: Marwan Abidin/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Jawa Barat (Jabar) sudah empat hari berada di Sulawesi Tenggara (Sultra). Senin (13/8), ada beberapa lokasi yang dikunjungi. Bukan hanya lembaga Badan Usaha Milik Negara (BUMN), tapi juga sekolah dan kampus. Instansi yang dikunjungi seperti PT. Pos Indonesia, PT. Jasindo, PT. Pegadaian cabang Wua-wua, SMAN 4 Kendari, SMKN 1 Kendari dan Universitas Halu Oleo (UHO).

30 siswa asal Jabar begitu antusias mengikuti setiap rangkaian kegiatan yang dikunjungi. Merek aktif bertanya dan bertukar informasi. Tak hanya soal pendidikan, tapi juga budaya kerja. Koordinator SMN 2018 Inalum-Antam, Jeffri Iskandar mengatakan, kehadiran mereka salah satunya untuk mengenal budaya masyarakat Sultra.

“Mereka ingin belajar banyak hal tentang budaya, pariwisata, hingga pendidikan. Sharing pengetahuan yang mereka dapatkan di sini, nanti bisa dibawa saat kembali ke Jabar nanti,” kata Jeffry Iskandar saat mengenalkan siswa SMN 2018 di SMAN 4 Kendari, SMKN 1 Kendari dan UHO, Senin (13/8). PKBL Manager Kantor Pusat PT Antam Tbk, Agustinus Toko Susetio mengatakan, sektor pendidikan merupakan salah satu fokus Antam. Pihaknya menggandeng UHO untuk bermitra. “Sinergi seperti ini penting untuk meningkatkan kualitas SDM,” ujarnya.

Kepala SMAN 4 Kendari, Ruslan mengapresiasi kejadiran peserta SMN 2018. Kesempatan itu, dirinya manfaatkan untuk menjelaskan secara detail profil sekolah yang didirikan pada 1974itu. “Saya ucapkan selamat datang di SMAN 4 Kendari,” katanya menyambut siswa SMN 2018. Kepala SMKN 1 Kendari, Ali Koau menambahkan, SMKN 1 Kendari 70 persen praktek dan 30 persen teori. Tercatat ada 1.432 yang aktif. Secara nasional juga, menjadi sekolah rekomendasi dan favorit. Olehnya, ia mengucapkan selamat datang para siswa SMN 2018. “SMKN 1 Kendari menjadi favorit dan menjadi sekolah rekomendasi,” katanya menyabut siswa SMN 2018.

Lokasi terakhir yang dikunjungi peserta SMN adalah UHO. Mereka disambut langsung Rektor UHO, Prof. Dr. Muh Zamrun F. Mantan Dekan F MIPA ini mengapresiasi sekaligus memotivasi anak-anak asal Jabar itu. “Teruslah belajar, maka sukses akan menghampirimu,” pesan Prof Zamrun.

Dalam kesempatan itu, dia menjelaskan banyak hal tentang UHO. Kata dia, UHO adalah perguruan tinggi pertama di Sultra yang dibangun sejak 1981 silam. Hinga saat ini ada 15 fakulas dengan berbagai program studi. “UHO masuk urutan 37 kampus terbaik nasional,” jelasnya. Pria tegas tapi murah senyum ini juga berbagi pengalaman dan motiviasi kepada siswa SMN 2018. Pertama, agar meningkatkan kompetensi termasuk penguasaan bahasa Inggris. Kedua, menggunakan teknologi yang ada dengan semaksimal mungkin sesuai bidangnya. Ketiga adalah harus adaptif dan kolaboratif. Artinya, harus pandai-pandai bersahabat, pintar beradaptasi dan berkolaborasi dengan orang lain. “Itu tiga pesan saya. Termasuk tentukan tujuan dan persiapkan diri akan tujuan tersebut,” pesannya. (b/wan)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778