Pariwara
Wakatobi

Festival Barata Kahedupa di Wakatobi Dihelat September

ASTY NOVALISTA/KENDARI POS
EVENT : Salah satu prosesi adat saat helatan Festival Barata Kahedupa. September tahun ini, event serupa juga akan kembali berlangsung.

KENDARIPOS.CO.ID — Setiap tahun, empat pulau besar di Kabupaten Wakatobi punya agenda festival masing-masing. Dihelat secara bergilir, festival pada empat pulau yakni Wangiwangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko ini menjadi salah satu event paling ditunggu-tunggu, utamanya bagi masyarakat setempat dan warga Wakatobi perantauan.

Setelah sukses menggelar Festival Tukang Besi pada Juni lalu, tak lama lagi giliran Kecamatan Kaledupa yang siap menyuguhkan berbagai atraksi budaya melalui kegiatan Barata Kahedupa. Diagendakan, festival itu dihelat September mendatang. Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata pada Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Wakatobi, Guntur menyebut, sesuai jadwal, Festival Barata Kahedupa akan diselenggarakan tanggal 17-19 September mendatang.

“Belum ada pembahasan antara panitia kecamatan dan kabupaten. Karena biasanya, rapat terkait festival seperti ini dilakukan sebulan sebelum dihelat. Tapi Agustus ini sudah pasti dibahas,” katanya. Ia mengungkapkan, selain panitia kecamatan, pihak Pemkab juga harus dilibatkan dalam agenda yang kini masuk dalam kalender event. “Kalau panitia kecamatan lebih pada teknis pelaksanaan kegiatan. Sementara panitia kabupaten memberi dukungan seperti pelayanan dari beberapa instansi,” sambungnya.

Guntur menambahkan, konsep Festival Barata Kahedupa hampir sama seperti sebelumnya. “Kalau Barata Kahedupa, acaranya tak lepas dari Henauka Moane dan Henauka Wowine. 2018 ini sepertinya tak akan berbeda juga dengan tahun lalu,” paparnya. Dalam kegiatan seperti itu selalu ada pelayanan dari beberapa dinas pada masyarakat. Misalnya, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membuka pelayanan KTP-el gratis dan lainnya. Atau Dinas Kesehatan membuka pelayanan kesehatan gratis.

“Kita berharap jika ada pelayanan seperti ini bisa dimanfaatkan masyarakt setempat. Jadi, tidak hanya menikmati acara, tetapi ada manfaat lainnya juga,” pungkasnya. (c/thy)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778