Pariwara
Kolaka Utara

Kementerian ESDM Serahkan Hibah ke Pemkab Kolut

PEMKAB KOLUT FOR KENDARI POS
TERIMA ASET : Wabup Kolut, H. Abbas (tengah) bersama perwakilan para kepala daerah lainnya saat menerima hibah aset dari pemerintah pusat, rabu (25/7)

KENDARIPOS.CO.ID — Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) secara resmi menandatangani berita acara serah terima (BAST) dan naskah hibah barang milik negara (BMM) Badan Geologi dan Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi ke Pemkab Kolaka Utara (Kolut). Pelimpahan aset tersebut berupa sumur bor dan fasilitasnya yang terletak di Desa Ponggiha, Kecamatan Lasusua.

Penyerahan aset tersebut berlangsung di Yogjakarta dan diterima Wakil Bupati Kolut, H. Abbas, Rabu (25/7). Saat dihubungi, Abbas menjelaskan, saat ini aset tersebut telah resmi menjadi milik Pemkab. “Tinggal kita jaga dan persiapkan anggaran pemeliharaannya jika ada yang perlu diperbaiki ke depan,” ujarnya, rabu (25/7).

Program tersebut lanjut Abbas terus berjalan. Saat ini jumlah permohonan yang masuk ke kementerian berkisar 2000 dari seluruh Indonesia. Masih ada yang Pemkab nantikan berupa pengadaan serupa untuk masyarakat Desa Sulaho. “Daerah pesisir hingga air sumurnya terasa asin dan payau. Jadi harus dipersiapkan sumur bor yang bisa menembus hingga 100 meter masuk ke dalam tanah,” tuturnya.

Selain sumur bor, permohonan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) ke kementerian juga sudah diajukan yang diharapkan segera terealisasi. Setidaknya, masyarakat Kolut masih banyak membutuhkan energi ramah lingkungan itu agar bisa menjangkau hunian warga di wilayah sulit dijangkau distribusi PLN. Kades Ponggiha, Rahmat, yang dikonfirmasi membenarkan keberadaan sumur bor tersebut di desanya. Beberapa fasilitas pelengkapnya antara lain bak penampungan hingga 5000 liter serta mesin genset dan rumah melindungnya. “Dibuat masih era Rusda Mahmud saat menjabat bupati. Berfungsi dan kondisinya baik termasuk semua peralatannya,” pungkasnya. (c/rus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3743

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3743