Pariwara
Ekonomi & Bisnis

Mudahkan Investasi, DPMPTSP Sultra Terapkan OSS

H. Masmuddin

KENDARIPOS.CO.ID — Salah satu program kerja pemerintah dalam upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi di Indonesia, adalah pelayanan investasi yang lebih mudah. Untuk mewujudkan hal itu, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sultra menerapkan sistem online single submission (OSS).

Kepala DPMPTSP Sultra, H. Masmuddin, mengungkapkan, kebiajakn itu seusai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 mengenai pelayanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik diberlakukan mulai tanggal 21 Juni 2018.

“Dengan adanya peraturan tersebut, maka akan memindahkan hampir keseluruhan wewenang pemrosesan dan penerbitan izin dari kementerian, lembaga dan daerah ke Kementerian Kordinator Perekonomian, yang akan langsung memproses dan menerbitkan izin tersebut melalui sistem online single submission (OSS). Pastinya sistem ini bertujuan untuk memudahkan inevestasi di Sultra,” ungkapnya.

Berkanaan dengan hal tersebut, lanjut Masmuddin, saat ini pihaknya sedang dalam proses transisi perizinan berusaha secara nasional ke sistem OSS. “Sejak tanggal 2 Juli 2018, kami telah menghentikan segala pemrosesan izin dan penerbitan izin untuk sementara waktu sampai adanya petunjuk teknis dari kementerian atau lembaga terkait,” tegasnya.

Untuk izin-izin yang tidak masuk dalam daftar perizinan berusaha pada peraturan tersebut, maka akan diproses dan diterbitkan di DPMPTSP Sultra bukan di OSS. “Namun saat ini, kami sedang dalam proses memverifikasi persinnya izin-izin mana yang termasuk dalam pengecualian tersebut dan juga kami tetap menunggu petunjuk teknis dari kemterian atau lembaga terkait,” tambahnya.

Masmuddin berharap, kepada pelaku usaha untuk terus memantau informasi terkait OSS. “Kami akan terus mengupdate informasi dan keterangan lebih lanjut, terkait informasi OSS, masyarakat bisa mengakses di http://oss.ekon.go.id/web atau call center pusat di (021) – 3521974,” tutupnya. (ags/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778