Pariwara
Politik

Pendaftaran Bacaleg di Konkep Tidak Diperpanjang

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Sepinya pendaftaran bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) di beberapa daerah di Sultra juga terjadi di Konawe Kepulauan (Konkep). Hingga H-5, belum ada satu pun berkas partai politik (Parpol) yang mendaftarkan kadernya untuk berkompetisi pada Pemilu April 2019 mendatang. Padahal Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe telah menyampaikan himbauan baik surat maupun pengumuman di media.

Komisioner KPUD Konkep, Badran mengatakan kedatangan pengurus parpol baru sebatas konsultasi. Selain menanyakan persyaratan, mereka juga mengkonfirmasi batas penyerahan berkas. “Jadi, belum ada masuk. Tapi sudah ada yang datang seperti pengurus PDIP, PKB, Nasdem dan Golkar,” beber Koordinator Devisi Teknis dan Partisipasi Masyarakat saat dikonfirmasi, Kamis (12/7).

Selain itu lanjut mantan Panwascam Wawonii Timur ini, Partai Gerindra, Demokrat dan Perindo telah mengkonfirmasi akan mendaftarkan Bacalegnya tanggal 14 Juli (besok). Namun baru Partai Demokrat dan Perindo yang telah menetapkan jadwal kedatangannya.

“Rencananya, pengurus demokrat akan mendaftar pukul 10.00 Wita. Mereka sengaja datang tanggal 14 Juli untuk disesuaikan dengan nomor urut partai (14). Malam harinya, baru pengurus Partai Perindo juga akan datang mendaftar,” ujarnya.

Ia menghimbau pengurus partai untuk secepatnya melakukan pendaftaran di KPUD Konkep. Mengingat batas waktu pendaftaran yang akan berakhir, Selasa (17/7) pukul 24.00 wita. Apalagi tidak ada masa perpanjangan pendaftaran Bacaleg.

“Yang ada hanya ada masa perbaikan pendaftaran. Misalnya parpol mau ganti Bacalegnya nomor urut 3. Itu bisa dilakukan dari tanggal 22-31 Juli 2018. Tetapi hanya Bacalegnya yang bisa diganti, sementara nomor urutnya tetap dan tidak bisa diganti,”ujar Badran.

Ia menduga parpol baru akan melakukan perdaftaran Bacaleg-nya di masa berakhirnya pendaftaran. “Prediksi saya parpol banyak mendaftar di tanggal 15-16 dan tanggal 17 Juli. Saat ini mungkin parpol lagi melengkapi berkas pendaftaran,”tandasnya.

Ditempat terpisah, Ketua Dewan Perwakilan Cabang (DPC) PDIP, Ajesarboy, mengatakan baru akan mendaftarkan Bacalegnya, Minggu (15/7) nanti. Menurutnya, hari itu merupakan waktu yang pas bagi partai bermoncong putih tersebut untuk berkompetisi di Pemilu tahun depan. “Hari Minggu pukul 15.00 wita kami akan mendaftar. Saat ini Bacaleg lagi melengkapi persyaratan yang dibutuhkan KPUD. Saat ini berkasnya sudah hampir rampung,” kata Ajesarboy kamis (12/7.

Dengan komposisi Bacaleg yang dimiliki, ia optimis PDIP bisa meraih suara terbanyak. Apalagi kader-kader yang diusung tidak hanya memiliki kapasitas namun juga cukup militan. “Kami juga kombinasikan kader muda dan kader tua. Seperti H. Nasir Abdul yang merupakan tokoh pemekaran Wawonii, untuk memenangkan Pilcaleg di dapil II. Saya di dapil II. Target kami empat kursi atau dari 20 kursi anggota dewan di Konkep,” ujar Ajesarboy. (b/san)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778