Pariwara
Politik

PHP Kada Baubau Berlabuh di MK

Iwan Rompo

KENDARIPOS.CO.ID — Satu dari 4 hasil Pilkada di Sultra resmi berlabuh di Mahakamah Konstitusi (MK). Pilkada tersebut yakni Pilkada di Kota Baubau. Gugatan Prselisihan Hasil Pemilihan (PHP) Kepala Daerah tersebut diajukan oleh pasangan Roslina Rahim-La Ode Yasin Massadu dan Yusran Fahim-Ahmad.

Juru bicara MK Fajar Laksono mengungkapkan bahwa hingga kini telah terdaftar 40 gugatan PHP Kada hasil dari Pilkada serentak 2018. “Ia sudah mulai mas, sampai hari ini yang terdaftar ada sekitar 40 perkara PHP Kada,” tuturnya.

Disinggung lebih khusus terkait daftar PHP Kada dari Sultra, Fajar mengungkapkan bahwa sampai saar ini baru dua yang terdaftar. “Ada dua gugatan PHP Kada di satu lokasi Pilkada di Sultra. Gugatan itu adalah PHP Kada Kota Baubau. Gugatan pertama yakni atas nama Yusran Fahim dan Ahmad. Kedua yakni atas nama Roslina Rahim dan La Ode Yasin,” kata Fajar.

Untuk diketahui, pendaftaran gugatan hasil Pilkada dibuka oleh MK selama 14 hari. 14 hari itu terhitung sejak dimulainya perhitungan hasil suara oleh KPU setempat. Pada gugatan Pilkada kali ini pun, MK masih mensyaratkan selisih hasil dalam penanganan perkara lebih lanjut.

Sementara itu, kuasa hukum pasangan Roslina-Yasin, Muhammad Taufan Achmad yang berhasil dihubungi membenarkan bahwa diri telah mengajukan gugatan PHP Kada di MK mewakili pasangan Roslina-Yasin. “Gugatam sudah kita daftarkan beserta berkas semua sudah kita masukan,” katanya.

Dalam tuntutannya, Ahmad meminta untuk MK memutuskan pemungutan suara ulang (PSU) diseluruh TPS yang ada di Baubau. Pasalnya, ia menilai terdapat sejumlah kesalahan fatal yang dilakukan oleh pihak penyelenggara atau pun pihak pemerintah Kota Baubau. “Ada ketidak siapan dari pihak penyelenggara. Hal iti terbukti sekitar 170 TPS tidak memiliki daftar hadir pemilih. Padahal daftar hadir pemilih adalah dasar pembanding jumlah suara dan surat suara yang masuk disebuah TPS,” ungkapnya.

1 of 2

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778