Pariwara
Nasional

Atasi Ketimpangan Antar Daerah, Wapres Minta Pemda Terus Berinovasi

Wapres RI Jusuf Kalla

KENDARIPOS.CO.ID — Ketimpangan sosial dan ekonomi masih menjadi persoalan yang belum sepenuhnya selesai di Indonesia. Wakil Presiden Jusuf Kalla menuturkan perlu ada terobosan untuk mengatasi ketimpangan antardaerah. Caranya dengan memaksimalkan sistem otonomi daerah dengan membuat terobosan kebijakan sesuai dengan potensi masing-masing daerah.

JK mengungkapkan ketimpangan ekonomi itu punya dampak yang sungguh berbahaya. Dia mencontohkan pemberontakan Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia (PRRI) yang bermula di Padang, Perdjuangan Rakyat Semesta (Permesta) di Makassar, dan konflik di Aceh sebagai akibat dari ketimpangan.

”Karena merasa kenapa daerah-daerah itu kaya tetapi sarananya, pembangunannya rendah. Oleh karena itu terjadilah pemberontakan tiga tahun, yang mengorbankan ribuan orang,” ungkap JK yang membuka Indonesia Development Forum (IDF) 2018 di Hotel Ritz Carlton Kuningan, Jakarta kemarin (10/7).

IDF yang diadakan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) itu salah satunya ditujukan untuk mengembangkan potensi daerah. Sehingga ketimpangan antardaerah bisa dikurangi. Praktik baik dan inovasi daerah dibeberkan dalam forum yang diikuti oleh berbagai instansi dari pusat hingga daerah.

Hadir dalam pembukaan tersebut Menteri PPN Bambang Brodjonegoro, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur. Gubernur Jawa Timur Soekarwo juga menjadi salah satu pembicara dalam sesi utama. Lebih lanjut JK menuturkan pemerintah daerah harus pandai menganalisis potensi di tiap daerah. Sumatera punya banyak perkebunan dan hasil mineral yang cukup. Di Kalimantan juga punya tambang dan perkebunan hampir sama. Di Jawa ada industri dan jumlah penduduk yang besar. Sedangkan di Sulawesi juga memiliki kemampuan natural resource yang cukup besar.

”Maka forum ini, Indonesia Development Forum bertukar pikiran, saling belajar satu sama lain daripada kemajuan masing-masing daerah. Kalau Jawa Timur terdapat perkembangan industri, bagaimana Kalimantan belajar dari Jawa Timur,” kata pejabat berdarah Bugis itu.

Tapi, ketimpangan itu memang disebabkan dalam mata rantai yang panjang. Mulai dari masalah pendidikan, kesehatan, air bersih, sanitasi, listrik, infrastrukturnya, dan sebagainya. Maka perlu pemerataan dari hal tersebut agar ketimpangan antardaerah akan terjadi. ”Juga tidak lepas berbicara daripada gini ratio, artinya keadilannya, tingkat keadilannya,” kata JK.

1 of 2

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778