Pariwara
Muna Barat

Rajiun Poles Kota Laworo, Sektor Ekonomi Digenjot, Infrastruktur Ditata

LM Rajiun Tumada

KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Muna Barat (Mubar), LM Rajiun Tumada terus mencari terobosan supaya otoritanya semakin maju. Salah satu yang menjadi fokus saat ini adalah memoles Kota Laworo. Tujuannya, bukan saja supaya lebih bagus, tapi juga untuk menghindari banjir.

Mantan Kasat Pol PP Sultra ini mengaku, Kota Laworo butuh perhatian serius. Sebab, kondisinya sangat rentan mengalami banjir karena disekitarnya dialiri beberapa daerah aliran sungai (DAS) seperti DAS Kusambi, Lohodu, Lasama, Tiworo, Umba dan DAS Wadana.

“Alhamdulillah, sekarang jauh lebih baik. Kondisi Kota Laworo tidak lagi mengalami genangan saat musim hujan. Dengan begitu, akan lebih memudahkan pembangunan infrastruktur perkotaan,” jelasnya.

Beberapa pembenahan yang dilakukan adalah memperbaiki drainase dan normalisasi sungai. Infrastruktur jalan juga ditata. Semua itu dalam rangka menjadikan Kota Laworo lebih keren lagi. “Laworo adalah wajah Muna Barat, sehingga harus ditata sedemikian rupa supaya bagus. Dan paling penting, harus terhindar dari banjir,” tegasnya.

Tak hanya soal infrastruktur, sektor perekonomian juga digenjot. Rajiun telah memfasilitasi akses transportasi udara, darat dan laut. Dari sisi perhubungan udara, sudah ada Bandara Sugimanuru. Transportasi ini bisa melayani masyarakat dari wilayah Mubar ke Bandara Hasanuddin, Makasar. “Keberadaan Bandara ini akan mendukung peningkatakn ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Dari sisi perhubungan laut, juga akan membuka koneksi antara pelabuhan Ferry Tondasi dan pelabuhan Bira Sulsel. Bukan hanya itu, akses Feri Tondasi Mubar dan Feri Torobulu di Konsel juga digagas. “Kalau semua ini berjalan baik, maka saya yakin peningkatan ekonomi masyarakat semakin baik,” terangnya.

Dari sisi transportasi darat, sambung bupati yang dikenal murah senyum itu, mengaku telah memprogramkan untuk pembuatan beberapa terminal yang menghubungkan lintas kabupaten. “Supaya cepat terealisasi, tentu butuh partisipasi semua pihak. Terutama dukungan masyarakat Mubar,” imbuhnya. (b/yaf)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778