Pariwara
Politik

PPK di Kolaka Buka Kotak Suara, Panwaslu : Ini Pelanggaran dan Bisa PSU

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Pelaksanaan pungut hitung pemilihan bupati (Pilbup) Kolaka dan pemilihan gubernur (Pilgub) Sultra berjalan aman dan lancar. Meskipun masih harus menunggu hasil perhitungan komisi pemilihan umum (KPU), namun gambaran pemenang pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak telah diumumkan sejumlah lembaga survei.

Kendati terbilang sukses, namun bukan berarti tidak terjadi pelanggaran. Sejauh ini, sudah ada beberapa laporan yang masuk ke Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kolaka. Sebab Panwas masih melakukan penelusuran dan pengidentivikasian masalah. Makanya, Panwas belum bisa merinci satu persatu laporan temuan pelanggaran.

“Sudah ada beberapa laporan yang masuk. Namun untuk sementara belum bisa dipublis. Bahkan ada pelanggaran yang bisa mengakibatkan pemilihan suara ulang (PSU). Salah satunya, pembukaan kotak suara oleh panitia pemilihan kecamatan (PPK) yang tidak sesuai prosedur,” beber Iswanto, Komisioner Panwaslu Kolaka, Kamis (28/6/018).

Berdasarkan laporan lanjutnya, ada dugaan pembukaan yang dilakukan oknum penyelenggara tidak mengundang pengawas dan pihak terkait baik itu dari saksi paslon maupun kepolisian. Sementara setiap pembukaan kotak suara harus dibuatkan berita acara. Sayangnya, Iswanto tidak menyebutkan secara detail lokasi dugaan pelanggaran tersebut.

“Lokasi TPS dan jumlah pasti TPS mana saja yang diduga terjadi pelanggaran tersebut belum bisa kami sebutkan. Sebab saat ini kami masih telusuri,” ujarnya. Sementara itu, sekelompok massa yang mengatasnamakan Forum Pemerhati Demokrasi Kolaka bersama dengan pendukung Paslon Bupati Kolaka Asmani Arif-Syahrul Beddu melakukan unjukrasa di Kantor Panwaslu Kolaka dan KPUD Kolaka. Adapun poin yang disampaikan pada aksi tersebut yaitu adanya kecurangan yang terjadi saat pemungutan suara. Salah satu kecurangan tersebut yaitu adanya surat suara yang hilang didalam kotak suara di TPS. (b/fad)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778