Pariwara
Olahraga

Hadapi Porprov, Disparmudora Konkep Gelar Pelatihan Pelatih, Wasit dan Juri

Foto bersama beberapa pelatih dengan Kepala Disparmudora Konkep Armin (tengah) bersama dua pemateri dari KONi Sultra, Elvis Basri Uno dan DR La Sawali.

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparmudora) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) menggelar menggelar pelatihan pelatih, wasit dan juri di Kota Kendari, Senin (14/5/2018). Acara ini dibuka secara resmi oleh Kadispora Konkep, Armin M,Pd dan menghadirkan pemateri Wakil Ketua III KONI Sultra, Elvis Basri Uno dan DR La Sawali.

Elvis mengatakan untuk menjadi seorang pelatih wasit mau pun juri banyak hal yang harus dipahami termasuk soal aturan pertandingan. Misalnya di cabor sepakbola kondisi lapangan harus sesuai standar. Tidak dapat dipungkiri menurutnya aturan tersebut masih kerap dilanggar dalam kejuaraan apalagi laga di daerah pelosok.

“Soal lapangan kalau yang wajib digunakan itu sesuai standar FIFA. Termasuk perlengkapan juga seperti sepatu, kaos kaki, nomor punggung itu wajib dan terserah mau gunakan nomor punggung 1 sampai 99. Namun jangan menggunakan perhiasan karena itu membahayakan,” ucap Elvis saat membawakan materi.

Selain itu Elvis juga menjelaskan terkait pemain yang berhak 11 orang ditambah cadangan 7 orang sehingga semua berjumlah 18 pemain. Nah ketika ada pemain luar daerah yang ingin bermain wajib terdaftar terlebih dulu dalam sebuah tim dan sudah diinput oleh panitia.

Kepala Disparmudora Konkep Armin (tengah) bersama dua pemateri dari KONi Sultra, Elvia Basri Uno dan Sawali.

Dia menambahkan dalam pertandingan cabor apa pun yang tidak kalah penting harus ada seorang wasit sebagai pemimpin pertandingan di lapangan. “Jadi wasit ini sangat menentukan. Percaya diri itu kunci keberhasilan. Harus berimbang atau jangan berpihak,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Disparmudora Konkep, Armin MPd mengatakan, pelatihan pelatih seperti ini sangat penting dalam memberikan pemahaman kepada pelatih di daerah. Apa yang didapatkan nantinya diharapkan bisa diimplementasikan di lapangan pertandingan apalagi menjelang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIII di Kolaka. “Semoga semua yang didapatkan bisa bermanfaat demi kemajuan olahraga di Konkep. Outputnya demi prestasi di Porprov dan agar kami bisa mendapatkan pelatih berlisensi,” tutup Kepala Disparmudora.

Sementara itu, salah seorang peserta pelatihan, mengaku puas dengan adanya pelatihan pelatih apalagi menghadirkan pemateri seorang wasit nasional asal Sultra Elvis Basri Uno dan DR La Sawali. “Saya sekarang semakin memahami aturan dalam pertandingan sepakbola. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada kepala Disparmudora Konkep yang sudah mengadakan pelatihan ini,” tutupnya. (imn)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright ¬© 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3743

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3743