Pariwara
Konawe Selatan

Bupati Konsel Pertanyakan Kelanjutan Terminal Baito

KAMALUDDIN/KENDARI POS
MANDEK : Pemkab Konsel mulai mempertanyakan kelanjutan proyek pembangunan terminal di Baito yang kini tak terlihat ada aktivitas lagi, setelah pembersihan lahan.

KENDARIPOS.CO.ID — Wacana pembangunan terminal tipe B yang menghubungkan Kecamatan Palangga dan Baito dipertanyakan Bupati Konawe Selatan (Konsel), H. Surunuddin Dangga. Pasalnya, lahan terminal seluas 3 hektare di Desa Sanggi-sanggi tersebut terkesan jalan di tempat. Padahal rencana pembangunan terminal sudah berlangsung sejak tahun 2017 lalu.

“Terkait terminal di Baito ini, saya heran kenapa terhenti. Padahal tugas kami sudah selesai sebagai pemerintah kabupaten untuk membebaskan lahan 3 hektare. Biayanya lumayan juga hampir Rp 1 miliar,” sindirnya. Surunuddin menjelaskan, sudah ada komitmen dalam pembangunan terminal tipe B yang merupakan tanggungjawab Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi.

“Saat itu waktu mau dibangun, komitmennya adalah Pemkab menyiapkan lahan. Terkait dengan anggaran pembangunannya itu urusan provinsi. Nah sekarang tugas saya sudah selesai. Tahun 2017 sempat ada aktivitas pembersihan lahan dan penggusuran. Namun tahun ini sama sekali belum ada kegiatan lanjutan. Inilah yang kita coba pertanyakan, apa kendalanya,” sambung Konsel-1 itu.

Mantan Ketua DPRD Konsel itu menegaskan, jika terminal tersebut sudah berfungsi, maka akses transportasi dibeberapa kecamatan bisa tertib. Disamping itu, bisa menjadi ikon Konsel. “Memang ini kita sangat harapkan, karena masuk dalam visi misi pemerintah daeah. Bagaimana membuat terminal sebagai pusat naik turun atau transitnya tamu ketika hendak ke kabupaten. Jadi kita mau jadikan simpul di situ. Baik dari arah Kendari, Torobulu, Tinanggea dan Lakara,” jelasnya. Surunuddin berharap Pemprov memberikan solusi agar terminal tersebut segera difungsikan. “Kita selalu bersinergi apapun yang diminta provinsi. Asal bangunan terminal ini bisa segera di tuntaskan,” harapnya. (c/kam)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3743

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3743