Pariwara
Konawe Selatan

Disdukcapil Konsel Tambah Hari Kerja

Roslina Ilyas

KENDARIPOS.CO.ID — Pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) menambah hari dan jam kerja. Itu dilakukan untuk menindaklanjuti instruksi Dirjen Kemendagri terkait peningkatan pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil. Hal itu diungkapkan Plt Kadis Dukcapil Konsel, Roslina Ilyas, saat ditemui di kantornya, Senin (16/4).

“Jadi sesuai surat edaran Mendagri, terkait penambahan jam kerja. Ini dilakukan karena menghadapi pemilihan kepala daerah sehingga memberikan kesempatan pada masyarakat yang belum memiliki atau melakukan perekaman KTP-el,” ungkapnya. Roslina mengaku telah berkoordinasi dengan pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) sehingga Dukcapil memberikan kesempatan untuk perekaman dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

“Kita mulai sejak tanggal 12 hingga 18 April. Jadi satu minggu pelaksanaannya. Biasa, hari kerja hanya sampai Jumat. Namun dengan adanya edaran ini kita buka Sabtu Minggu. Jam kerja juga bertambah, mulai pukul 08.00 Wita sampai 22.00. Jadi ini dilakukan dalam rangka percepatan perekaman bagi masyarakat yang belum memiliki KTP-eletronik,” jelasnya.

Untuk sarana dan prasana, tak ada persoalan signifikan. Pihaknya telah mengantisipasi dengan menyebar sejumlah operator yang stand by di tiap kecamatan. “Khususnya wilayah yang masih banyak tak memiliki KTP-el. Untuk blangko tidak ada masalah. Karena dari 15 ribu yang siap cetak, kita punya 18 ribu blangko. Hanya yang menjadi kendala saat ini adalah karbon atau tinta. Tapi kami upayakan secepatnya bisa diatasi,” jelasnya.

Untuk menghindari penumpukan data perekaman sambil menunggu keping KTP, pihaknya mengeluarkan surat keterangan (Suket) domisili. “Supaya mereka tetap menyalurkan hak pilihnya pada saat hari H Pilkada nanti. Kami berharap dengan adanya penambahan hari kerja ini bisa dimanfaatkan seefisien mungkin oleh masyarakat,” tutupnya. (c/kam)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778