Pariwara
Muna

Hanya Tiga Sekolah di Muna Siap UNBK

Ashar Dulu

KENDARIPOS.CO.ID — Ujian nasional berbasis komputer (UNBK) yang digalakkan secara nasional ternyata hanya mampu dilaksanakan pada tiga sekolah di Kabupaten Muna. Dari total 234 sekolah dasar yang ada, hanya SDN 1 Raha memenuhi syarat UNBK. Sedang 74 sekolah untuk jenjang menengah pertama hanya dapat terlaksana di SMPN 2 Raha dan SMPN 2 Tongkuno.

Ashar Dulu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muna, mengatakan, kendala utama penyelenggaraan UNBK adalah ketersediaan sarana komputer. Tidak semua sekolah memiliki fasilitas tersebut dengan memadai. “Kementerian Pendidikan hanya menetapkan tiga sekolah untuk UNBK. Karena memang hanya sekolah itu yang komputernya cukup dengan rasio siswa,” jelasnya, Senin (19/3).

Ia menambahkan, untuk menyelenggarakan UNBK minimal rasio komputer dan siswa, satu berbanding dua. Dengan demikian pada saat ujian dapat dilaksanakan dengan dua sif. “Bisa dibagi pagi dan sore. Tidak terlalu rumit, pengawasannya juga lebih mudah. Kalau di atas dua sif, agak susah,” paparnya. Meski demikian, baik UNBK maupun ujian nasional nonkomputer tidak memiliki perbedaan mendasar. Hanya terletak pada sifat soal dan teknik menjawab. “Bedanya hanya UNBK dikerjakan melalui sistem komputer, kalau non UNBK, ya manual,” jelasnya.

Saat ini, ketiga sekolah tersebut dipastikan siap menyelenggarakan UNBK pada 23 April mendatang. Dikbud juga sudah berkoordinasi dengan pihak PLN Rayon Raha untuk memastikan listrik tidak padam pada saatnya nanti. Soal koneksi internet, Ashar Dulu mengatakan hal itu tidak perlu dikhawatirkan. “Pakai server, bukan jaringan. Yang dijaga itu hanya pasokan listrik,” tambahnya.

Kendati begitu, bagi sekolah yang belum menyelenggarakan UNBK, sejauh ini kesiapannya tengah dimatangkan. Ia optimis hingga penyelenggaraan nanti tidak akan terjadi kendala berarti, termasuk soal kebocoran soal. Di Muna, ada kurang lebih 5.000 siswa akan melewati masa ujian nasional. “Sistem soalnya ribuan. Jadi dengan begitu, bocornya kunci jawaban bisa dihindari. Kami juga menargetkan angka kelulusan yang memuaskan” pungkasnya. (c/ode)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778