Pariwara
Muna

Bupati Muna Didesak Lantik Pejabat Hasil Lelang

Rusman Emba

KENDARIPOS.CO.ID — Hingga kini, sembilan jabatan tinggi pratama lingkup Pemkab Muna masih kosong. Lelang jabatan untuk mencari pejabat defenitif sudah dilakukan dan tuntas sejak akhir tahun 2017 lalu. Meski begitu, hasil lelang justru tak kunjung diumumkan. Pihak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Muna mendesak agar Bupati Muna, LM Rusman Emba segera melantik pejabat defenitif. Hal itu untuk menjaga ritme pemerintahan tetap produktif.

“Aneh kalau Pemkab membiarkan OPD dijabat pelaksana tugas. Padahal lelang jabatan sudah dilaksanakan. Ini ada apa sebenarnya,” tanya Mukmin Naini, Ketua DPRD Muna saat ditemui di kantornya, Selasa (13/3). Menurutnya, Bupati Muna sebagai pengguna (user) perangkat daerah harus memikirkan percepatan pembangunan. Apalagi, Muna masih banyak memiliki ketertinggalan dibanding daerah lain. Mukmin menilai, kinerja birokrat Muna hingga saat ini belum memuaskan.

“Tak ada alasan menunda pelantikan. Bupati harus memikirkan efektifitas pemerintahan. Sekarang, bagaimana SKPD mau kerja kalau statusnya hanya Plt,” sorot Mukmin. Ia tegas mengatakan produktivitas kinerja Plt dan pejabat defenitif tidak dapat disamakan. Secara kewenangan, Plt juga sangat terbatas. Tidak bisa mengambil keputusan strategis tanpa konsultasi dulu ke bupati. “Belum lagi secara psikologis. Plt itu hanya sementara. Untuk itu, kami mendesak bupati segera melantik pejabat hasil lelang,” tegasnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian dan Peningkatan Sumber Daya Manusia Muna, La Kusa, justru mengaku tak tahu menahu perkembangan hasil lelang. Sebab hal itu sudah menjadi kewenangan Bupati Muna. Ia membenarkan jika sembilan OPD sudah dijabat Plt sejak Januari 2017 lalu. “Tidak masalah dengan kinerja mereka, baik-baik saja sejauh ini,” argumentasinya.

Sementara itu Sekretaris Kabupaten (Sekab) Muna, Nurdin Pamone sebagai Ketua Panitia Seleksi, menjelaskan jika saat ini Bupati Muna sudah mengantongi tiga nama hasil asesmen dari tim asesor Universitas Halu Oleo. Ia mengatakan, tugas panitia seleksi sudah selesai sampai melahirkan tiga nama tersebut. Mengenai penyebab tidak kunjung diumumkan, Nurdin mengatakan, itu di luar kapasitasnya. “Tinggal Bupati yang tentukkan,” imbuhnya.

Diketahui, sembilan kepala OPD yang dilelang untuk mengisi posisi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), Badan Lingkungan Hidup, Sekretaris DPRD, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Inspektorat, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, serta Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. (b/ode)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778