Pariwara
Metro Kendari

Tangkal Hoax, Polda Sultra Gandeng Pegiat Medsos

ANTI HOAX : Polda Sultra menggagas sebuah forum pegiat media sosial (Medsos) dalam rangka memberantas dan menangkal hox, ujaran kebencian dan unggahan beraroma Sara di medsos. Bahkan dibentuk Komunitas Masyarakat Anti Hoax Sultra. Foto: Adwin Barakati/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Media sosial (medsos), khususnya facebook kerap menjadi alat menyebar hoax atau berita bohong oleh oknum tak bertanggung jawab. Polda Sultra berkomitmen memberantas dan menangkal informasi hoax, salah satunya dengan menggandeng puluhan pegiat media sosial dalam sebuah diskusi. Bahkan dilakukan deklarasi anti hoaks, anti isu suku, agama, ras dan antargolongan (Sara) dan pembentukan komunitas masyarakat anti hoax Sultra, akhir pekan lalu.

Polda Sultra memfasilitasi sejumlah pegiat medsos di Kota Kendari dalam deklarasi anti hoax tersebut. Pemateri dari Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus), Direktorat Intelkam (Dit Intelkam), Ditbinmas Polda Sultra dan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sultra dihadirkan.

Kasubbid PID Humas Polda Sultra Kompol Dolfi Kumaseh mengatakan kegiatan ini difasilitasi Polda Sultra dalam rangka mengantisipasi dan menangkal hoax, ujaran kebencian, isu SARA dan anti NKRI. Kata dia, kegiatan ini untuk mengajak para netizen dan pegiat media sosial untuk bersama-sama meminimalisir isu SARA, ujaran kebencian dan hoax di facebook.

Menurut Kompol Dolfi, kegiatan itu untuk memberikan pemahaman bagaimana bermedia sosial yang sehat. Bagi polisi, di era digital ini masalah yang dihadapi suatu bangsa adalah adanya berita hoax.

Khusus di Sultra, media sosial yang sering digunakan adalah facebook. “Dengan kegiatan ini diharapkan membantu meredam dan menetralisir berbagai hal yang berbau ujaran kebencian, berita hoaks, isu SARA,” ujar Kompol Dolfi Kumaseh, Sabtu (10/3).

Selain itu, faktor lainnya adalah ada rasa sentimen terhadap hal tertentu sehingga pengguna media sosial mengunggah di akun media sosial. “Kami harap pengguna media sosial melahirkan komentar yang positif dan menyejukan. Kalau kita lihat, pembuatan hoax rata rata dilatarbelakangi oleh orang yang tidak paham. Dapat kiriman informasi dari orang tanpa diteliti atau dikonfirmasi langsung diposting saja,” tukas Kompol Dolfi Kumaseh.

Deklarasi anti hoax itu sangat penting. Apalagi berkaitan dengan momen politik saat ini.
Beberapa materi disampaikan narasumber dalam diskusi tersebut. Diantaranya mengenai penegakan hukum atas penyebaran berita hoax, pengenalan pembuatan meme dan cara mengidentifikasinya dan dampak dari berita hoax. (ade/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3743

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3743