Pariwara
Edukasi

Menristekdikti Klaim Gerakan Radikalisme di PT Menurun

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir ditemui sebelum membuka Rakerda Kopertis Wilayah XIV Papua dan Papua Barat, di Hotel Indoluxe Sleman, Rabu (7/3) lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Gerakan radikalisme di Perguruan Tinggi dirasa telah menurun dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini berkat keberhasilan dari program anti radikalisme dan wawasan kebangsaan yang dijalankan pemerintah sejak 2017 silam. Hal itu diungkapkan oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir sebelum membuka Rakerda Kopertis Wilayah XIV Papua dan Papua Barat, di Hotel Indoluxe Sleman Rabu (7/3) lalu.

“Sekarang relatif menurun, sejak kami turun lakukan anti radikalisme dan wawasan kebangsaan, bela negara secara penuh,” klaim Menristekdikti. Program tersebut merupakan respons dari isu gerakan maupun kegiatan radikalisme terselubung yang masuk ke kampus untuk kembali menegakkan Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Meski dianggap berhasil, namun Nasir tidak memberikan prosentase terkait klaim penurunan gerakan radikalisme tersebut. Namun hal tersebut bisa dilihat dari hampir tidak adanya kegiatan atau aksi demo mahasiswa yang mengangkut radikalisme.

“Secara relatif sudah tidak ada lagi, jauh lebih dari setengahnya. Indikatornya gejolak demo di kampus, gejolak kegiatan radikalisme hampir tidak ada lagi,” tuturnya. Terkait dengan kebijakan mahasiswi bercadar yang dikhawatirkan mengikuti aliran radikalisme hingga didata dan dibina oleh kampus di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, menurutnya itu merupakan kewenangan dari rektor yang bersangkutan.

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menurutnya di bawah dari Kementerian Agama. Namun untuk di lingkungan Kemenristek Dikti, aturan berpakaian seperti itu dianggap merupakan diskriminatif. “Itu tanggung jawab rektor. Kalau untuk Kemenristek Dikti l, jangan memberikan batas seseorang, melakukan diskriminasi. Kalau itu Kemenag,” pungkasnya. (JPG)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778