Pariwara
Kolaka Utara

Empat Puskesmas di Kolut Terakreditasi, Enam Segera Diumumkan

MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS
AKREDITASI : Kadis Kesehatan Kolut, Alias memperlihatkan piala Kabupaten Sehat yang diraih. Pemkab Kolut terus meningkatkan standar layanan kesehatan melalui akreditasi Puskesmas.

KENDARIPOS.CO.ID — Optimisme Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut) mendongkrak pelayanan kesehatan di seluruh wilayahnya, terus dilakukan. Dari 16 pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di Bumi Patampanua itu, baru empat yang telah terakreditasi, enam lainnya menanti label serupa dan lainnya ditargetkan terwujud pada tahun 2019 mendatang.

Upaya akreditasi tersebut berada dalam kendali langsung Dinas Kesehatan Kolut melalui Kabid Kesmas, dr. Indaryani. Keenam Puskesmas yang telah mengikuti proses visitasi itu berada di Batu Putih, Wawo, Mala-mala, Lapai, Watunohu dan Pakue Utara. Kadis Kesehatan Kolut, Alias, M. Kes, menjelaskan, untuk empat Puskesmas yang telah mengantongi akreditasi di wilayah kerjanya berada di Lasusua, Pakue, Lambai dan Katoi. “Akreditasi dasar, tetapi tergantung penilaian atau kesiapan objek (kelengkapan) penilaian yang tentunya berbeda dengan cara penilaian tahap piala Adipura. Karena bisa saja jika komplit, langsung kategori madya,” ujarnya, Kamis (8/3).

Diterangkan antara akreditasi berstatus dasar dan madya lebih kepada kelengkapan atau fasilitas di dalamnya terpenuhi. Tentunya jika telah terakreditasi maka pelayanan terhadap masyarakat lebih terjamin karena bergerak sesuai standar operasional prosedur (SOP). “Masyarakat merasa terjamin dan petugasnya (medis) juga mendapat perlindungan hukum,” tutur Alias. Tetapi, meskipun telah mendapat perlindungan hukum, bukan berarti paramedis tak bisa disalahkan. Sebab jika bekerja tidak sesuai SOP, maka tetap ada konsekuensinya.

Enam Puskesmas yang tersisa belum dilakukan visitasi kata dia ditarget terakreditasi tahun depan. Semua pusat kesehatan di Kolut harus diakreditasi total agar mendapat pengakuan menteri bahwa pelayanan kesehatan di wilayah utara Sultra itu tak diragukan lagi kualitasnya. “Itu pekerjaan rumah kami sampai tahun 2019,” pungkas Alias. (c/rus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline[email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778