Pariwara
Konawe Utara

2,2 Hektare Disiapkan Bangun Gudang Bulog di Konut

Syahruddin

KENDARIPOS.CO.ID — Sejak Konawe Utara (Konut) mekar menjadi otorit mandiri pada tahun 2007 lalu, belum sama sekali fasilitas gudang penimpanan pangan dari Badan Urusan Logistik (Bulog). Saat ini Pemkab Konut tengah merampungkan administrasi lahan untuk pendirian gudang Bulog. Kabag Administrasi Ekonomi Setkab Konut, Syahruddin, menuturkan pemerintah telah menyiapkan lahan seluas 2,2 hektare untuk pembangunan gedung tersebut di Kecamatan Oheo.

“Lahannya juga sudah dibebaskan oleh Bagian Pemerintahan. Sekarang prosesnya sudah diteruskan ke Badan Pertanahan Nasional untuk keperluan kepengurusan sertifikat,” ujar Syahruddin, Kamis (8/3). Ia menambahkan, pihak Perum Bulog pusat dan provinsi akan melakukan pembangunan gudang di Konut jika administrasi dan legalitas lahan telah tuntas. Hal inilah yang terus dimaksimalkan Pemkab Konut dalam kepemimpinan Bupati, Ruksamin.

“Kami sampaikan pada Perum Bulog, jika lahan yang disiapkan sudah dibebaskan. Tetapi dari Bulog sendiri dan mekanismenya, harus berbentuk sertifikat. Tapi kami sudah dimasukkan ke BPN. Jadi kita masih menunggu sertifikat lahan itu,” ujar Syahruddin. Ia menambahkan, jika rencana lahan yang dihibahkan oleh Pemkab Konut untuk kepentingan pembangunan gedung Bulog sebelumnya telah dilakukan peninjauan dari Perum Bulog Jakarta.

“Mereka sudah lihat lokasinya di Kecamatan Oheo dan sepakat. Jadi kendalanya tinggal sertifikatnya saja. Itu yang sementara dirampungkan,” ulangnya, menegaskan. Syahruddin menambahkan untuk kepentingan pembangunan gudung Bulog di Konut dimungkinkan bisa terealisasi pada tahun 2019 mendatang. Menurutnya, banyak manfaat yang diperoleh Pemkab dan warga Konut dengan hadirnya gudang Bulog. Stabilitas komoditi ekonomi masyarakat akan terjamin.

“Tengkulak-tengkulak sudah bisa diminimalisir dalam memainkan harga komoditas petani. Kemudian hasil panen petani bisa ditampung di Bulog. Termasuk jagung yang menjadi program bupati bisa ditampung. Dari pihak Bulog juga merespon positif,” urai Syahruddin. (b/min)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778