Pariwara
Konawe Selatan

Waspada, Calo Perizinan Marak di Konsel

Hidayatullah

KENDARIPOS.CO.ID — Nama instansi Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) tercoreng akibat oknum tak bertanggung jawab. Hal ini terkuak dengan adanya aduan masyarakat pada dinas pelayanan publik tersebut. Kepala DPM-PTSP Konsel, Hidayatullah, sangat menyayangkan kejadian ini. Sebab ada oknum tertentu sengaja mencatut nama lembaga yang dipimpinnya itu dengan memberikan izin usaha palsu ke sejumlah masyarakat. Tak hanya itu, oknum tersebut meminta sejumlah uang dan bahkan sudah ada beberapa korban di masyarakat khususnya di wilayah Kecamatan Andoolo.

“Kami sangat sayangkan kejadian ini. Ada oknum yang mengatasnamakan dinas memberikan penerbitan SITU SIUP. Setelah itu pelaku memintai uang dengan tarif bervariasi. Kisarannya Rp 2 juta sampai Rp 3 jutaan satu izin. Ini kami sesalkan,” ungkap Hidayatullah. Mantan Plt Kadis Perikanan Konsel ini menjelaskan, jikapun ada yang turun di lapangan mengatasnamakan pihak perizinan, maka warga harus mempertanyakan dulu surat tugasnya.

Sebab petugas perizinan punya legalitas, minimal surat perintah tugas pelayanan dibawa saat turun lapangan. “Jelas ini sangat merusak nama lembaga, padahal kami di sini tidak pernah ada pungutan. Jadi saya sampaikan kepada seluruh masyarakat Konsel bahwa semua pelayanan izin di sini gratis. Tidak ada itu bayar membayar. Kalau ada yang meminta bayaran maka segera laporkan ke polisi atau ke pemerintah,” geramnya.
Dayat menjelaskan, untuk menghindari kejadian serupa, pihaknya akan mengadakan layanan pengaduan di DPM-PTSP Konsel.

“Supaya kalau nanti ada penertiban izin atau operasi yustisi, kita bisa evaluasi. Mana yang legal dan ilegal. Jadi saya minta agar masyarakat betul-betul ke kantor kalau mau urus izin usaha dan sejenisnya. Saya tidak mau lagi terulang kejadian seperti ini,” bebernya. Untuk memudahkan pelayanan, pihaknya juga mencantumkan kontak person yang bisa dihubungi untuk layanan pengaduan.

Terkait oknum yang mencatut nama dinas tersebut pihaknya mengaku sudah mengidentifikasi. Ia sudah melaporkan ke Polsek Andoolo untuk segera ditindaklanjuti. “Yang jelas dia PNS, karena menurut aduan masyarakat dia menggunakan motor plat merah. Kita sudah laporkan juga di polisi. Jadi sekali lagi, saya minta kepada yang mau mengurus izin usaha agar datang sendiri ke kantor. Jangan berhubungan dengan para calo-calo,” tegasnya.

Sebagai upaya antisipasi lain, Hidayatullah berharap ke depan pelayanan perizinan di Konsel sudah menerapkan sistem online. “Kami upayakan dalam dua bulan ke depan sudah berjalan optimal. Apalagi peraturan bupatinya sudah ada,” tandasnya. (b/kam)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendaripo[email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778