Pariwara
Konawe Utara

Armada Damkar di Konut Minim

HELMIN TOSUKI/KENDARI POS
PEMADAM KEBAKARAN : Kepala Dinas Damkar Konut, Nafsahu, menunjukkan satu unit armada pemadam kebakaran yang dimiliki instansinya.

KENDARIPOS.CO.ID — Sejak menjadi organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) KOnawe Utara (Konut) pada tahun 2016 lalu, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) masih terkendala pada keterbatasan fasilitas. Salah satunya kendaraan pemadam kebakaran yang menjadi fasilitas pendukung dalam membackup kegiatan-kegiatan emergency. “Untuk saat ini armada kita masih sangat terbatas. Khusus kendaraan pemadam yang kami miliki hanya satu unit saja. Sementara wilayah Konut sangat luas,” ujar Kepala Pemadam Kebakaran Konut, Nafsahu, di kantornya, Rabu (7/3).

Dengan kondisi keterbatasan itu, pada tahun ini pihak Damkar Konut sudah mengusulkan ke pemerintah pusat untuk pengadaan mobil armada pemadam. “Maksimal armada yang kita butuhkan itu empat unit. Tapi untuk tahun ini kita sudah ajukan permohonan armada pada pemerintah pusat sebanyak tiga unit. Proposal permohonan itu sudah ditandatangai bupati dan telah diteruskan. Jadi kita tinggal menunggu saja mobilnya. Apalagi anggaran dalam DIPA Damkar sudah dialokasikan biaya distribusi kendaraan sampai di Konut,” ujar mantan Kepala DPMD Konkep itu.

Nafsahu menambahkan untuk pengadaan armada pemadam kebakaran melalui dana APBD Konut dianggap tak bisa dilakukan. Sebab satu armada yang diadakan biayanya cukup tinggi. Besarannya satu unit armada menghabiskan sekitar Rp 1 miliar lebih. Makanya dana hibah APBN menjadi alternatif untuk mendapatkan armada. “Untuk jumlah personil pemadam kebakaran sudah memadai. Untuk kita di sini ada 40 orang personel. Kendala kita hanya difasilitas armada saja,”sambungnya.

Ke depan, UPTD pemadam kebakaran di Konut akan dibentuk untuk menjangkau wilayah-wilayah yang jauh dari pusat ibu kota. Rencananya akan ada dua UPTD Damkar dibentuk, yakni di Kecamatan Wiwirano dan Sawa. “Konut terdapat 13 kecamatan dan sangat luas. Makanya kita rencana membentuk UPTD. Supaya wilayah yang jauh bisa terjangkau,” tandas Nafsahu. (c/min)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778